Rencana PKPU, Negara harus Memastikan Konsumen Mendapatkan Haknya

- 23 September 2021, 20:52 WIB
Ketua Komisi Advokasi BPKN-RI Rolas Budiman Sitinjak.
Ketua Komisi Advokasi BPKN-RI Rolas Budiman Sitinjak. /Humas BPKN RI/

PRIANGANTIMURNEWS- Isu yang beredar saat ini Pemerintah berencana mengeluarkan moratorium Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) dan kepailitan dalam Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perppu) untuk menghentikan pengajuan perkara-perkara PKPU dan kepailitan selama 3 (tiga) tahun.

Namun demikian, sebelum diterbitkannya Perppu terkait moratorium tersebut, maka perlu kebijaksanaan dalam melihat secara utuh dan menyeluruh terkait instrumen PKPU maupun kepailitan.

PKPU merupakan wadah restrukturisasi dengan kepastian hukum berdasarkan putusan pengadilan, yang membawa spirit perdamaian (homologasi) antara debitor dan kreditor.

Baca Juga: Cara Membeli Pelatihan Prakerja di Tokopedia, Ikuti Langkah Mudah Ini!

Ketua Komisi Advokasi BPKN-RI Rolas Budiman Sitinjak pada keterangan tertulis menyampaikan keinginan menunda PKPU tersebut jangan sampai malah merugikan masyarakat sebagai Konsumen.

"Saya mengkhawatirkan apabila tak diatur secara rinci dan jelas, maka moratorium PKPU tersebut konsumen paling dirugikan, kebanyakan masyarakat bawah yang terdampak," Rolas, Kamis, 23 September 2021.

Rolas berpendapat pemerintah sebaiknya membuat kajian mendalam atas wacana moratorium PKPU ini. Menurutnya bisa ada berbagai opsi seperti diberlakukan terlebih dulu terhadap perusahaan pelat merah.

Baca Juga: Peringatan G30SPKI Berkaitan Dengan Lahirnya Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober, Begini Sejarah Singkatnya

"Saya khawatir kalau diberlakukan sama semua malah tidak membuat ketidakadilan. Sangat penting memerhatikan hak konsumen," katanya.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: HUMAS BPKN RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x