Hadapi Libur Nataru, Vaksinasi Kian Ditingkatkan

- 15 Oktober 2021, 20:05 WIB
Menkominfo RI Johnny G. Plate.
Menkominfo RI Johnny G. Plate. /Kominfo.go.id

PRIANGANTIMURNEWS- Pemerintah terus mempercepat vaksinasi bagi masyarakat lanjut usia terutama di wilayah aglomerasi dan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi untuk mencegah lonjakan kasus COVID-19 pada saat libur Natal dan Tahun Baru.

"Vaksinasi tidak boleh mengendur. Justru saat kasus positif COVID-19 tengah rendah, vaksinasi harus ditingkatkan terutama bagi lansia dan kelompok rentan," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.

Fokus pemerintah adalah mempertahankan kasus aktif serendah mungkin dalam waktu yang lama dengan penurunan kasus yang konsisten. Pemerintah juga terus mengevaluasi penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel di berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga: Pemerintah Antisipasi Penyebaran Kasus COVID-19 Pasca PON XX Papua

Berdasarkan evaluasi PPKM yang dilakukan secara periodik, lanjutnya, peningkatan kasus COVID-19 berpotensi terjadi setelah acara keagamaan atau liburan.

"Hal ini karena mobilitas masyarakat meningkat tajam dan pergerakan massa yang signifikan tidak terelakkan," ujarnya.

Menkominfo Johnny memaparkan, pemerintah juga telah menyiapkan strategi antisipasi COVID-19 menjelang libur Natal dan Tahun Baru, salah satunya dengan memastikan pelonggaran aktivitas diikuti pengendalian lapangan yang ketat.

Baca Juga: EUA Vaksin Zifivax di Indonesia Resmi diterbitkan, Berikut Fakta-Fakta Vaksin Zifivax

Hal ini akan diikuti dengan percepatan vaksinasi lansia, terutama di wilayah aglomerasi dan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Kemenkominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x