Ribuan Buku Nikah di Kantor KUA Digondol Maling

- 9 November 2021, 08:00 WIB
Ilustrasi buku nikah - Salah Tulis Nama di Buku Nikah? Gak Usah Bingung, Simak Ulasan Berikut.
Ilustrasi buku nikah - Salah Tulis Nama di Buku Nikah? Gak Usah Bingung, Simak Ulasan Berikut. /Dok. Kementerian Agama./

PRIANGANTIMURNEWS- Direktur Bina KUA mengungkapkan telah terjadi pencurian terhadap ribuan buku nikah di Jambi dan Yogyakarta dalam sebulan terakhir.

Ia merinci terdapat ratusan buku nikah hilang dicuri di sejumlah KUA di Yogyakarta. Sementara itu, ribuan buku nikah juga dicuri si Kemenag Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi.

"Salah satu motif utama pencurian buku nikah adalah untuk diperjualbelikan ke penyedia jasa kawin kontrak," kata Adib dalam keterangan resmi yang diterbitkan Kemenag.

Dilansir dari kolom Kementerian Agama, Kementerian Agama akan mendata nomor perforasi Buku Nikah yang dicuri. Ini dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan Buku Nikah yang dicuri oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Pernyataan ini diungkapkan Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Kemenag Muhammad Adib menyikapi pencurian Buku Nikah yang terjadi di beberapa KUA di Indonesia.

Baca Juga: Ditetapkan Dua Tersangka Kasus Menwa UNS Ditahan

Untuk melakukan pendataan tersebut, Adib meminta Kantor Urusan Agama (KUA) melaporkan jumlah dan nomor perforasi Buku Nikah yang dicuri kepada Kantor Kepolisian dan Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag.

“Laporkan ke polisi, lalu catat berapa buku nikah yang hilang berikut nomor perforasinya kemudian laporkan ke Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam. Setelah kita proses, maka buku nikah yang hilang itu dinyatakan tidak berlaku,” kata Adib, di Jakarta.

Dalam sebulan terakhir, lanjut Adib, setidaknya ada dua provinsi yang mengalami kecurian Buku Nikah. Pertama, terjadi pencurian ratusan Buku Nikah pada sejumlah KUA di Yogyakarta. Kedua, pencurian ribuan Buku Nikah terjadi di Kemenag Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Menurut Adib, salah satu motif utama pencurian Buku Nikah adalah untuk diperjualbelikan ke penyedia jasa kawin kontrak.

Baca Juga: Kemenaker Bertemu Duta Besar Brunei, Bahas Pekerja Migran Indonesia

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Kemenag Instagram @trending_satu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x