Polisi Akan Dibekali Kamera Tubuh Untuk Tekan Kasus Pungli dan Kekerasan

- 11 Januari 2022, 15:53 WIB
 Polisi Akan Dibekali Kamera Tubuh Untuk Tekan Kasus Pungli dan Kekerasan
Polisi Akan Dibekali Kamera Tubuh Untuk Tekan Kasus Pungli dan Kekerasan /Antara/

PRIANGANTIMURNEWS- Anggota polisi akan segera dibekali kamera tubuh (body worn camera). Hal itu dilakukan untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi ketika bekerja di lapangan.

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) juga mendukung rencana tersebut. Body won kamera sangat bagus untuk mengawasi kinerja anggota di lapangan agar tidak melakukan penyimpangan, misalnya agar tidak melakukan kekerasan berlebihan, atau tidak melakukan pungli serta tindakan arogan, "ujar Juru Bicara Kompolnas, Poengky Indarti.

Pemasangan kamera tersebut terkait dengan banyaknya kasus kekerasan dan pungutan liar (pungli) di lapangan yang mencoreng nama baik institusi kepolisian.

Baca Juga: Rayakan 70 Tahun Bertahta Ratu Elizabeth Menggelar Konser Bertabur Bintang

Teknologi ini juga sudah digunakan di sejumlah negara lain dan dinilai efektif untuk menekan penyimpangan tindakan polisi saat bertugas.

"Polisi di negara-negara maju seperti Inggris dan Amerika Serikat, serta negara-negara ASEAN seperti Singapura, Malaysia, dan Filipina juga sudah menggunakan body camera, "pungkas Poengky.

Nantinya worn camera akan digunakan petugas Reserse, Satuan lalu lintas, Sabhara, Binmas dan Brimob.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Desa Wisata yang Patut Dikunjungi Menurut Mas Menteri

Dengan kamera tubuh, pengawasan petugas juga akan dilakukan Kompolnas lewat Propam dan Irwasum. Dengan hal ini, Polri diharapkan lebih presisi, profesional, humanis dan menghormati HAM.***


 

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram@linipolisi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x