Fenomena Menendang Sesajen Semeru, Ini Tanggapan Abi Quraish Shihab

- 15 Januari 2022, 15:28 WIB
Fenomena Menendang Sesajen Semeru, Ini Tanggapan Abi Quraish Shihab.
Fenomena Menendang Sesajen Semeru, Ini Tanggapan Abi Quraish Shihab. /Tangkap layar YouTube/

PRIANGANTIMURNEWS- Profesor Muhammad Quraish Shihab angkat suara soal fenomena menendang sesajen di kawasan erupsi Gunung Semeru di Lumajang yang sempat viral beberapa waktu lalu.

Quraish Shihab berpendapat bahwa apa yang dilakukan pria penendang sesajen Semeru, tidaklah mencerminkan sikap baik.

Baca Juga: Dianugerahi Penghargaan, Advokat Perempuan Harumkan Priangan Timur di Kancah Nasional

Ini lantaran, terang Quraish Shihab, soal ini jelas tertulis dalam Al-Qur'an surat Al-An'am ayat 108. Dalam surat Al-An'am ayat 108 ini diterangkan bahwa umat Islam dilarang memaki sesembahan orang lain yang menyembah selain Allah.

"Nah apa yang dianggap  baik oleh masyarakat tertentu, jangan ganggu itu, itu ada ayat Al-An'am," ujar Quraish Shihab. Ayat Al-an'am sebagai berikut:

وَلَا تَسُبُّوا الَّذِيْنَ يَدْعُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ فَيَسُبُّوا اللّٰهَ عَدْوًا بِۢغَيْرِ عِلْمٍ ۗ كَذٰلِكَ زَيَّنَّا لِكُلِّ اُمَّةٍ عَمَلَهُمْ ۖ ثُمَّ اِلٰى رَبِّهِمْ مَّرْجِعُهُمْ فَيُنَبِّئُهُمْ بِمَا كَا نُوْا يَعْمَلُوْنَ

Wa laa tasubbullaziina yad'uuna ming duunillaahi fa yasubbulloha 'adwam bighoiri 'ilm, kazaalika zayyannaa likulli ummatin 'amalahum summa ilaa robbihim marji'uhum fa yunabbi-uhum bimaa kaanuu ya'maluun.

 

Artinya : "Jangan Memaki sembahan-sembahan orang-orang yang menyembah selain Allah." karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa dasar pengetahuan. Demikianlah, Kami jadikan setiap umat menganggap baik pekerjaan mereka. Kemudian kepada Tuhan tempat kembali mereka, lalu Dia akan memberitahukan kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: YouTube Najwa Shihab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x