Jokowi Tolak ! Ukraina: Minta Tolong Indonesia Kirim Bantuan Senjata

- 2 Mei 2022, 04:47 WIB
Presiden Jokowi saat menegaskan bahwa Indonesia tolak memberikan bantuan senjata Ukraina
Presiden Jokowi saat menegaskan bahwa Indonesia tolak memberikan bantuan senjata Ukraina /Tangkapan layar Instagram @jokowi/

PRIANGANTIMURNEWS - Belum lama Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky 'minta tolong' Indonesia untuk mengirim bantuan senjata. Akan tetapi, permintaan Ukraina ditolak oleh Presiden RI Jokowi.

Alasan Presiden Jokowi karena penolakan itu harus dilakukan karena prinsip konstitusi dan prinsip politik luar negeri Indonesia.

"Saya menegaskan sesuai amanat konstitusi dan prinsip politik luar negeri Indonesia, melarang pemberian bantuan persenjataan pada negara lain," kata Jokowi dalam keterangan persnya yang dibagikan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, 29 April 2022.

Baca Juga: Bacaan Niat Shalat Ied Idul Fitri Untuk Imam dan Makmum

Meski begitu, bantuan yang bisa dikirim Indonesia kepada Ukraina adalah bantuan kemanusiaan. 

Jokowi juga berharap, agar perang dapat segera dihentikan dan solusi damai melalui perundingan dapat dikedepankan.

"Kita paham bahwa G20 memiliki peran sebagai katalisator dalam pemulihan ekonomi dunia dan kalau kita bicara mengenai pemulihan ekonomi dunia maka terdapat dua hal besar yang mempengaruhi saat ini, yaitu pertama pandemi Covid-19 dan yang kedua perang di Ukraina," ungkap Jokowi.

Baca Juga: 20 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri, Cocok Untuk di Share Pada 1 Syawal 1443 H

Jokowi berkomunikasi via telepon dengan Volodymyr Zelensky tersebut, untuk mengundang agar Zelensky bisa dapat hadir dalam KTT G20 yang dihelat di Bali pada November mendatang.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: YouTube @Sekretariat Presiden


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x