Menurut WHO Cacar Monyet Tak Boleh di Vaksin

- 24 Mei 2022, 15:48 WIB
ilustrasi cacar monyet
ilustrasi cacar monyet /antara foto/

PRIANGANTIMURNEWS- Virus Cacar Monyet atau monkeypox virus (MPXV) kian mengkhawatirkan, pasalnya penyebaran virus tersebut semakin meluas hingga Eropa dan Amerika.

Organisasi kesehatan dunia atau WHO beranggapan bahwa belum ada kebutuhan yang mendesak terkait vaksinasi cacar monyet yang kini telah menyebar di beberapa negara.

Richard Peabody selaku pemimpin tim patogen ancaman tinggi di WHO Eropa menjelaskanbahwa pasokan antivirus atau vaksin relatif terbatas, lebih lanjut, Peabody menjelaskan bahwa vaksin yang digunakan untuk cacar monyet memiliki dampak yang signifikan, sehingga langkah paling tepat untuk meminimalisir penyebaran cacar monyet saat ini adalah menjaga kebersihan dan perilaku seksual yang aman.

Baca Juga: KASUS SUBANG TERKINI: Bisa Jadi Pak Yosep Akan Jadi Tersangka!

"Langkah-langkah utama untuk mengendalikan wabah adalah pelacakan kontak dan isolasi," ujar Peabody.

Sementara itu peneliti masih mencari asal usul penyebaran virus tersebut, apakah ada perubahan virus sehingga penyebarannya kian masif.

Saat ini mulai banyak temuan kasus cacar monyet diidap oleh laki-laki yang berhubungan dengan sesama jenis.

Baca Juga: Aturan Baru KTP: Nama di E-KTP Tak Boleh Hanya Satu Kata

Tetapi menurut WHO, dugaan ini mungkin disebabkan karena golongan tersebut cenderung lebih sering berobat atau lebih mudah mengakses pemeriksaan kesehatan seksual.

Halaman:

Editor: Neri Januari Stiani

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x