Ada Tiga Hal yang Harus Diperhatikan Jamaah Haji Agar Terhindar dari Penyakit

- 3 Juni 2022, 15:03 WIB
Ilustrasi jemaah sedang melakukan jemaah haji di Mekah
Ilustrasi jemaah sedang melakukan jemaah haji di Mekah /kemenag/

PRIANGANTIMURNEWS - Kementrian Kesehatan mengimbau kepada para jamaah haji yang hendak melaksanakan ibadah haji pada tahun ini untuk senantiasa terhindar dari resiko terkena berbagai penyakit.

Perlu kita ingatkan pada jemaah, bahwa tahun ini kita dihadapkan pada dua situasi, pertama pandemi belum selesai dan kedua suhu ekstrem panas.
"Untuk itu Ada beberapa langkah yang perlu kita antisipasi, paling tidak ada 3 langkah pokok yang perlu diantsipasi jemaah,'' ujar Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes, dr. Budi Sylvana, MARS., dikutip priangantimurnews dari kemkes.go.id, Jumat, 3 Juni 2022.

Pertama, para jamaah tetap menerapkan prokes, sebab pandemi saat ini belum selesai.

Baca Juga: HOTNEWS KASUS SUBANG: Orang Dekat Semakin Dicurigai Pelaku Pembunuhan Ibu dan Anak Siap Ditetapkan?

Selain itu juga berbagai penyakit menular dapar mengintai kesehatan para jamaah.

Kedua, Suhu di Arab Saudi selalu ekstrim, oleh karena itu, para jamah haji Indonesia disarankan untuk menggunakan APD, seperti topi, sunblock dan kaca mata hitam saat berada diluar gedung.

Tidak lupa juga untuk sesering mungkin menyemprotkan tubuh dengan cairan yang sudah diberikan, hindari menggubakan pakaian berwarna hitam karena sangat mudah menyerap panas.

Baca Juga: Spanyol vs Portugal 1-1 Striker Portugal Ricardo Horta Mencetak Gol Penyeimbang

Ketiga, jamaah lebih baik fokus pasa wajib haji saja, yaitu arofah, muzdalifah dan armina untuk menghindari kelelahan yang berlebihan.

''Silahkan melakukan aktivitas ibadah yang lainnya namun disesuaikan, jamaah punya cukup waktu untuk melakukan ibadah-ibadah sunah,'' ujarnya.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Kemkes.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah