Kereta Api Kertajaya, Kereta Terpanjang Di Indonesia

- 29 Juni 2022, 19:02 WIB
Kereta Api Kertajaya.
Kereta Api Kertajaya. /Instagram @kai121

PRIANGANTIMURNEWS- Biasanya Kereta Api hanya terdiri dari 8 sampai 9 rangkaian saja termasuk lokomotifnya.

Tapi tahukah anda, bahwa PT Kereta Api Indonesia (KAI) memiliki Kereta Api terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 350 meter dan memiliki berat mencapai 715 ton dengan total keseluruhan rangkaian berjumlah 16 rangkaian.

Nama kereta ini diambil dari nama raja terakhir Kerjaan Kediri, yakni Kertajaya yang berkuasa dari tahun 1194 Masehi sampai dengan 1222 Masehi.

Kereta ini Melayani relasi Jakarta Pasar Senen menuju Surabaya Pasar Turi, memiliki 14 kereta ekonomi premium, mampu mengangkut penumpang sebanyak 1120 orang dan memiliki jarak tempuh 719 km via jalur utara dengan waktu tempuh 11 jam 15 menit.

Baca Juga: Lirik Lagu 'Monokrom' Tulus yang Ramai Diperdengarkan Kembali

Saking panjangnya kereta ini memiliki dua kereta pembangkit untuk menyuplai kebutuhan kelistrikan, dua orang kondektur, dua orang teknisi kereta api, dua orang Polisi Khusus Kereta Api, empat orang On Trip Cleaning.

Kerta api kertajaya termasuk dalam kereta api non subsidi atau kereta api komersial dengan tarif yang terjangkau.

Keberangkatan setiap hari dari Stasiun Pasar Senen pukul 14.10 dan dari Stasiun Surabaya Pasar Turi pukul 21.20. Kereta ini menghubungkan kota-kota di 4 provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.***

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @KAI121


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x