Berkurban Wujud Kepekaan dan Kepedulian Sosial Kepada Sesama Manusia

- 10 Juli 2022, 09:38 WIB
Wakil Presiden RI MAruf Amin.
Wakil Presiden RI MAruf Amin. / Instagram @kyai_marufamin /

PRIANGANTIMURNEWS- Berkurban pada Hari Raya Idul Adha merupakan wujud dari kepekaan dan kepedulian sosial kepada sesama manusia apalagi pasca Pandemi Covid-19.

Demikian disampaikan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin, menurutnya, menyembelih hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha hukumnya sunnah muakad atau sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Islam.

"Kurban dapat menjadi bukti kepekaan sosial bagi kita untuk berbagi dan peduli kepada sesama, apalagi pasca-pandemi seperti sekarang ini," ungkap Wapres dalam rekaman video yang disiarkan pada Sabtu 10 Juli 2022.

Baca Juga: Gema Takbir Berkumandang di Hari Idul Adha 1443 Hijriyah, Warga Lakukan Penyembelihan Hewan Kurban

Bahkan, lanjut dia, diantara ulama ada yang mewajibkan untuk menyembelih hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha.

Selain itu, Wapres berpesan dan mengingatkan kepada warga untuk memastikan terlebih dahulu hewan kurban yang akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha dipastikan sehat dan bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Hewan yang disembelih untuk dibagikan dagingnya pada Hari Raya Idul Adha sudah dipastikan sehat dan bebas dari PMK," jelasnya.

Ma'ruf Amin juga menegaskan bahwa berkurban dengan hewan yang terkena penyakit mulut dan kuku (PMK) hukumnya tidak sah.

Perayaan Idul Adha 1443 Hijriah ini, Wapres berharap, bisa menjadi momentum dalam mempererat tali persaudaraan antara sesama manusia.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x