Dahulu Memilih Berpisah dengan Indonesia, Kisah 20 Tahun Timor Leste Pasca Restorasi Kemerdekaan

- 22 Juli 2022, 21:44 WIB
Foto kegiatan anak sekolah pada sebuah desa di Timor Leste.
Foto kegiatan anak sekolah pada sebuah desa di Timor Leste. /Tangkap layar Youtube Najwa Shihab

PRIANGANTIMURNEWS– Kilas balik 20 tahun ke belakang Indonesia melepaskan suatu wilayah yang kini menjelma menjadi negara baru yang bernama Timor Leste.

Timor Leste, sebelumnya merupakan sebuah bagian dari negara Republik Indonesia yang menjadi Provinsi ke 27 di Indonesia.

Menilik pada benang sejarah pada tanggal 30 Agustus 1999 pasca runtuhnya Orde Baru, di ajukanlah sebuah referendum yang mendapat sponsor dari PBB.

Dari sebuah referendum tersebut didapati rakyat Timor Timur yang pada saat itu memilih untuk tetap bergabung dengan Indonesia berjumlah 94.388 (21,5%), dan terdapat 344.580 (78,5%) penduduk memilih untuk merdeka.

Baca Juga: Kabar Kasus Subang Memanas: Kepsek W Diduga Terkait Perkara Pembunuhan Ibu dan Anak?

Sehingga hal ini membuat suatu kenyataan Indonesia harus melepas Timor Timur.

Hal ini tentunya merupakan suatu mimpi buruk sekaligus kado pahit untuk Indonesia mengingat pada hari itu adalah tepat 13 hari pasca Republik Indonesia memperingati hari Kemerdekaan.

Selang beberapa tahun kemudian perjuangan rakyat Timor Leste berbuah hasil manis, pada akhirnya negara ini mencapai status penuh dengan diakuinya sebagai negara berdaulat.

Pasca 20 tahun restorasi kemerdekaan yang diraih melalui referendum masih belum terlihat wajah kemajuan yang cukup signifikan.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Youtube @Najwa Shihab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x