Polri Diminta Tingkatkan Koordinasi Berantas Mafia Tanah

- 26 Juli 2022, 09:12 WIB
Komisi lll DPR RI meminta Brantas mafia tanah.
Komisi lll DPR RI meminta Brantas mafia tanah. /Instagram @wonosoboinsa

PRIANGANTIMURNEWS- Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi meminta Kepolisian meningkatkan koordinasi khususnya dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dalam memberantas mafia tanah.

“Polri harus terus melakukan koordinasi dan komunikasi terhadap Kementerian ATR/BPN yang membidangi masalah tersebut. Hal itu guna mempermudah akses serta proses penyelidikan terhadap temuan kasus tanah di berbagai wilayah,” kata Andi Rio di Jakarta beberapa waktu lalu.

Dia mengapresiasi Polda Metro Jaya yang telah berhasil mengungkap modus operandi mafia tanah yang diduga melibatkan oknum Kementerian ATR/BPN.

Baca Juga: Jadwal SIM Keliling DKI Jakarta Hari Ini Selasa, 26 Juli 2022, Berikut 4 Titik Lokasinya

Menurut dia, Kementerian ATR/BPN menjadi penentu dalam kasus mafia tanah sehingga Polri harus menyelidiki secara mendalam keterlibatan oknum di ATR/BPN yang melakukan modus secara terstruktur.

“Semoga Polri dapat terus mengungkap kasus mafia tanah di seluruh Indonesia, Peristiwa ini harus dijadikan sebuah ‘pintu masuk’ awal Polri dalam memberantas mafia tanah di Indonesia, sesuai harapan dan arahan Presiden Jokowi," ujarnya.

Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI itu berharap agar masyarakat tidak mudah terbujuk rayu oknum atau pihak-pihak yang menawarkan jasa kepengurusan sertifikat tanah secara mudah dan cepat, agar tidak menjadi sebuah permasalahan di kemudian hari.

Baca Juga: Kasus Brigadir J : Jenderal Irjen Ferdy Sambo Tidak Bisa Mengelak Ponsel Serta Kendaraannya Disita

Andi Rio mengatakan, pemerintah telah memudahkan kepengurusan sertifikat kepemilikan tanah dengan jalur digital.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @hukumonline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x