Gempa Megathrust 8,7 di Pesisir Selatan, BMKG: Bukan Ramalan, Bukan Prediksi

- 30 Juli 2022, 14:22 WIB
Gempa Terkini 30 Juli 2022, Timur Laut Ambon
Gempa Terkini 30 Juli 2022, Timur Laut Ambon /BMKG/

PRIANGANTIMURNEWS- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi gempa megathrust dengan maginitudo 8,7 di pantai selatanJawa Tengah.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika menyebutkan, Indonesia merupakan wilayah yang rawan gempa bumi, salah satu daerah yang diprediksi adalah Kabupaten Cilacap.

"Kita ini di wilayah Indonesia yang rawan gempa bumi, termasuk juga di Kabupaten Cilacap," katanya.

Baca Juga: Hari Ini, Ajudan Irjen Pol. Ferdy Sambo Diperiksa Komnas HAM

Dirinya menjelaskan, keberadaan Kabupaten Cilacap yang berada di pantai selatan Jawa Tengah menghadap langsung zona tumbukan antara lempeng Samudra Hindia dan lempeng Eurasia.

Tumbukan lempeng tersebut merupakan zona gempa megathrust yang skenario terburuknya apabila terjadi gempa di pusat tumbukan itu kekuatannya mencapai M 8,7.

"Ini bukan prediksi, bukan ramalan, belum tentu terjadi. Itu bukan hanya analisis pakar gempa bumi dan tsunami dengan memperhitungkan kemungkinan terburuk," ujarnya.

Baca Juga: Tidak Daftar PSE, Kominfo Blokir Game Dan Yahoo

Dirinya menyebut, mitigasi harus sudah disiapkan baik sarana prasarananya, keterampilan masyarakat dalam menyelamatkan diri apabila suatu waktu terjadi gempa bumi atau tsunami serta jalur evakuasi.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x