Jurnalis Asing yang Akan Meliput KTT G 20 Bebas Visa Kunjungan

- 12 November 2022, 18:00 WIB
Widodo Ekatjahjana, Plt Dirjen Imigrasi Kemenkumham
Widodo Ekatjahjana, Plt Dirjen Imigrasi Kemenkumham /Dok Kemenkumham/

PRIANGANTIMURNEWS - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 akan dilaksanakan di Bali Indonesia.

Bagi para jurnalis dalam dan luar negeri tentu tak ingin melewatkan momen internasional itu untuk meliputnya.

Terkait dengan itu, Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) akan memberikan kemudahan jurnalis asing yang akan meliput KTT G20 di Bali.

Baca Juga: Dua WNA Asal China Ditangkap Petugas Imigrasi, Akan Unjuk Rasa Menolak KTT G20

Plt Kepala Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Widodo Ekatjahjana  telah memerintahkan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Ngurah Rai dan Juanda Surabaya agar memberikan kemudahan layanan keimigrasian bagi 2.051 jurnalis asing yang akan meliput KTT G20 di Bali.

"Kami sudah instruksikan kepada Kepala Kantor Imigrasi yang membawahi Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Ngurah Rai dan Juanda agar memfasilitasi para jurnalis asing yang akan meliput KTT G20 di Bali," kata  Widodo Ekatjahjana melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Disebutkan Widodo para jurnalis asing yang akan bertugas bisa masuk ke Indonesia dengan fasilitas bebas visa kunjungan (BVK), atau menggunakan visa on arrival (VoA) apabila ingin tinggal di Indonesia lebih lama.

Baca Juga: Diduga Sakit Hati, Seorang Pemuda Bunuh Temannya Sendiri, Ini Kronologinya

Ia menyebutkan ketiga kantor imigrasi tersebut diinstruksikan untuk memberikan layanan keimigrasian yang mudah dan cepat, baik untuk memperoleh BVK atau VoA termasuk proses pemeriksaan di tempat pemeriksaan imigrasi.

TPI bagi jurnalis asing menyediakan konter layanan khusus apabila terdapat jurnalis dan delegasi G20 kehilangan paspor, dan memerlukan bantuan layanan keimigrasian serta membuat nomor hotline bagi jurnalis G20 yang memerlukan bantuan keimigrasian.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x