Waspada! BMKG Kembali Beri Peringatan, Berikut Jabaran Potensi Curah Hujan Ekstrem di Pulau Jawa

- 31 Desember 2022, 06:53 WIB
Gambaran cuaca dan curah hujan ekstrem yang akan terjadi di Pulau Jawa.
Gambaran cuaca dan curah hujan ekstrem yang akan terjadi di Pulau Jawa. /Instagram/@bmkg/

PRIANGANTIMURNEWS- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)  kembali memperingatkan akan potensi curah hujan ekstrem di sekitar wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat bertepatan dengan transisi antara akhir tahun 2022 dengan awal 2023.

Kabar tersebut disiarkan dalam Press release, yang dilakukan oleh BMKG dan di posting dalam akun resmi milik BMKG @infobmkg menjelang tengah malam di hari Jum’at, 30 Desember 2023.

BMKG menyampaikan potensi tersebut akan meningkat mulai tanggal 30 Desember 2022–5 Januari 2023, dan khususnya beberapa wilayah BMKG mengumumkan waspada tiga hari di beberapa wilayah mulai dari tanggal 30 Desember 2022 – 1 Januari 2023 mengingat potensi curah hujan akan ekstrem.

Baca Juga: Ini Kelebihan Aquarium Pangandaran, Cocok Untuk Liburan Tahun Baru! Cek Harga Tiket Terkini!

Diantaranya daerah yang berpotensi hujan lebat sangat lebat meliputi daerah: DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT,  dan Bengkulu mulai tanggal 30 Desember 2022-5 Desember 2022.

Sementara wilayah yang waspada 3 hari, adalah yang berpotensi memiliki curah hujan lebih lebat adalah: Jabodetabek, Banten, seluruh Jawa Barat, Seluruh  Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Seluruh Jawa Timur, Bali, NTT, dan NTB.

Kondisi tiga hari waspada tersebut sudah dikonfirmasi oleh Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi Pers secara daring di Jakarta, pada Kamis lalu.

Baca Juga: Erling Haaland Terus Bersinar! Kini Resmi Lampaui Rekor Messi dan Phillips

"Berdasarkan model cuaca numerik BMKG, sebagian wilayah Indonesia dalam beberapa hari kedepan berpotensi mengalami cuaca ekstrem dengan peningkatan curah hujan lebat hingga sangat lebat di beberapa wilayah,” ujar Dwikorita.

Halaman:

Editor: Galih R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x