Kenaikan Tarif KRL Memicu Peningkatan Polusi, Walhi: Jakarta Sedang Bertarung dengan Kemacetan

- 4 Januari 2023, 17:53 WIB
situasi di KRL
situasi di KRL /

PRIANGANTIMURNEWS -  Muhammad Aminullah, dari pihak  Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), DKI Jakarta pada Minggu, 1 Januari 2023.

Menyampaikan perbedaan pendapatnnya mengenai kenaikan tarif transportasi Commuter Line (KRL) justru dapat meningkatkan beban polusi udara di Jakarta.

Kenaikan  tarif KRL justru bisa memicu  budaya enggan naik kendaraan umum khususnya KRL.

Ditambah polusi udara dan kemacetan lalu lintas di Jakarta masih menjadi masalah utama yang perlu diselesaikan oleh pemerintah.

Baca Juga: Mengejutkan! Temui Babak Baru: Rz Laporkan Risma Ke Polisi, Begini Jelas Polda Banten

“Masyarakat dibuat berpikir ulang untuk menggunakan kendaraan umum karena tarifnya yang naik. Padahal, kendaraan pribadi menjadi salah satu sumber populasi terbesar di Jakarta,” ungkap Aminullah dengan tegas.

Pendapat tersebut muncul didasarkan pada skema baru tarif KRL tahun 2023 yang disampaikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub). Budi Karya Sumadi saat Jumpa Pers Akhir Tahun 2022 dan Outlook Kegiatan 2023, yang terlaksana pada Selasa. 27 Desember 2022.

“Kalau KRL nggak naik (tariff harga). Insya Allah 2023 nggak naik. Kemampuan financial tinggi meski bayat lain, yang average sampai 2023 kami rencanakan tidak naik,” ungkap Budi.

“Yang kayak bayar sesuai aslinya, mohon maaf yang miskin atau kurang mampu nanti yang dapat subsidi,” ungkap menjelaskan pernyataan Menhub, oleh Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Risal Wasal.

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x