Gempa Bumi 6,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Akibat Deformasi Batuan Lempeng Sangihe

- 18 Januari 2023, 11:56 WIB
Gempa Bumi terjadi lagi di wilayah Gorontalo, berkekuatan 6.3. pada Rabu 18 januari
Gempa Bumi terjadi lagi di wilayah Gorontalo, berkekuatan 6.3. pada Rabu 18 januari /IG BMKG/

PRIANGANTIMURNEWS - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa telah terjadi gempa bumi berkekuatan 6,3 Magnitudo di Teluk Tomini, Bone Bolango, Gorontalo pada Rabu, 18 Januari 2023 pukul 07.34 WIB.

Gempa tersebut terjadi akibat adanya deformasi batuan dalam Lempeng Sangihe di bawah Teluk Tomini.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono menyampaikan bahwa episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,01 derajat lintang Utara, 123,27 derajat bujur timur.

Baca Juga: Hari Kedua India Open 2023 Timnas Bulu Tangkis Indonesia Tanpa Ganda Putri, Ini Alasannya

Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 28 kilometer arah Selatan Bulawa, Bone Bolango, Gorontalo pada kedalaman 148 kilometer.

Dikutip PrianganTimurNews dari ANTARA, "Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter nya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi intraslab dengan kedalaman menengah akibat adanya deformasi batuan dalam Lempeng Sangihe di bawah Teluk Tomini", ujar Daryono.

Dia juga menambahkan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault) dengan parameter update 6,1 magnitudo.

Baca Juga: Ridwan Kamil Naik Vespa Warna Kuning, Apakah Kode Merapat ke Partai Golkar?

Adapun, Daryono mengatakan dari hasil pemodelan tersebut menunjukkan bahwa gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x