Warga Panik dan Takut! Pulau Baru muncul di Tanimbar Usai Gempa Maluku, Eko Yulianto: Sangat Wajar

- 11 Januari 2023, 20:35 WIB
 Foto pulau kecil yang muncul di Tanimbar dan penjelasan Inter-Seismic fenomena oleh Eko Yulianto/Tangkap layar twitter @YonKerbauRawa
Foto pulau kecil yang muncul di Tanimbar dan penjelasan Inter-Seismic fenomena oleh Eko Yulianto/Tangkap layar twitter @YonKerbauRawa /

PRIANGANTIMURNEWS – Gempa Bumi yang mengguncang Maluku pada Senin 10 Januari 2023 dini hari dengan skala 7,5 magnitudo telah memunculkan fenomena yang unik.

Apaan tuh, yakni kemunculan sebuah pulau kecil di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Dikutip priangantimurnews.com dari Antara, Kepala Desa Teinaman Kecamatan Tanimbar Utara, Bony Kelmaskosu menyampaikan fenomena itu mengakibatkan seluruh warga Desa Teinaman panik dan takut.

Baca Juga: Lima Fakta Menarik Kemenangan Persib Melawan Persija, Luis Milla Masih Unbeaten

Sehingga dengan kemunculan pulai kecil itu, untuk sementara waktu mereka mengungsi ke tempat yang lebih aman.

"Temuan di Desa Teinaman Kecamatan Tanimbar Utara, gempa berkekuatan magnitudo lebih dari 7 mengakibatkan munculnya tumpukan material sehingga membentuk pulau, Kebijakan yang ditempuh, kami arahkan masyarakat untuk mengungsi sementara waktu," ujar Bony.

Menanggapi keresahan para warga di Desa Tanimbar, Maluku. Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Eko Yulianto mencuit dalam twitternya @YonKerbauRawa.

Baca Juga: Update Kasus Polisi Nyabu Bersama Wanita di Hotel, Polda Metro Jaya Tetapkan Kombes YBK Sebagai Tersangka

Bahwa fenomena tersebut merupakan hal yang wajar setelah terjadinya pergerakan lempeng bumi atau sesar bawah laut.

Eko menyampaikan bahwa sebenarnya pulau-pulau di Indonesia muncul akibat dua fenomena utama, pengangkatan tektonik dan pertumbukan gunung vulkanik.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x