Gempa Bumi Kembali Menggetarkan Dataran Tinggi Dieng Berkekuatan 1,8 Magnitudo

- 1 Februari 2023, 11:45 WIB
Ilustrasi daratan tinggi dieng
Ilustrasi daratan tinggi dieng /Pexels/

PRIANGANTIMURNEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa hari ini, Rabu 1 Februari 2023 gempa bumi kembali menggetarkan Dataran Tinggi Dieng, wilayah kabupaten Banjarnegara, Wonosobo Jawa Tengah.

Menurut Kepala BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara, Hery Susanto Wibowo mengatakan bahwa gempa bumi tersebut terjadi pada pukul 06.06 WIB dengan kekuatan 1,8 magnitudo yang berpusat di koordinat 7,23 Lintang Selatan dan 109,89 Bujur Timur kuarng lebih sekitar 15 kilometer barat laut Wonosobo.

Hery juga mengatakan, gempa yang pusatnya berada dalam kedalaman 10 kilometer itu getarannya dirasakan pada skala II MMI di Dieng. Getaran tersebut juga dirasakan masyarakat setempat dan menyebabkan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Baca Juga: 5 Faktor Logis Shin Tae Yong Bawa Timnas Indonesia Berjaya di Piala Asia U20 2023!

Dia juga menyampaikan, bahwa gempa bumi ini terjadi sejak 9 Januari 2023 sampai hari ini Rabu, 1 Februari 2023. Dan telah tercatat sebanyak 16 kali kejadian gempa di kawasan Dieng, dan gempa yang paling besar memiliki kekuatan getaran 3,4 magnitudo yang terjadi pada Sabtu, 14 Januari 2023 pada pukul 03.46 WIB.

Menurut Kepala BMKG tersebut, gempa-gempa yang terjadi ini pusatnya berada di sekitar kawasan Dieng yang diduga memiliki beberapa sesar aktif yang belum teridentifikasi. Karena memang pada dasarnya kawasan Dieng ini berada di daerah vulkanik aktif sehingga mengakibatkan sering mengalami gempa.

Hery berharap gempa yang terjadi tersebut tidak sampai mempengaruhi aktivitas Kawah Timbang dan Kawah Sileri, yang mana sejak 13 Januari 2023 pukul 23.00 WIB statusnya ditingkatkan dari aktif normal menjadi waspada.***

Editor: Galih R

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x