Polusi Makin Meningkat! Inilah 3 Cara Cek Kualitas Udara di Jakarta

- 11 Agustus 2023, 19:55 WIB
Ilustrasi gedung-gedung dan rumah kaca yang makin membuat polusi di Jakarta makin meningkat
Ilustrasi gedung-gedung dan rumah kaca yang makin membuat polusi di Jakarta makin meningkat /Freepik/

PRIANGANTIMURNEWS – Polusi udara di Indonesia tepatnya di Jakarta saat ini sedang banyak diperbincangkan oleh publik. Kenaikan polusi udara mengakibatkan ancaman bagi kesahatan. Data dari IQAir kualitas udara pada 11 Agustus 2023 yaitu 119 AQ US yang berarti tingkat polusinya tidak sehat bagi kelompok yang sensitif.

Secara tidak langsung warga Jakarta menghirup udara yang mengandung partikel berbahaya yang dapat mempengaruhi kesehatan Dalam jangka Panjang. Hingga tahun 2023 ini sekitar 7.600 kematian yang terjadi akibat polusi Udara.

Penyebab polusi udara Menurut Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Sigit Reliantoro menjelaskan bahwa penyebab kenaikan Polusi udara di Jakarta yaitu salah satunya siklus meteorology dalam tiga bulan terakhir ini.

Baca Juga: BMKG Prediksi Cuaca Ekstrim akan Terjang Beberapa Wilayah Indonesia Hingga 5 Juni 2023

"Jadi kalau dari segi siklus, memang bulan Juni, Juli, Agustus itu selalu terjadi peningkatan pencemaran di Jakarta karena dipengaruhi oleh udara dari timur yang kering," kata Sigit dalam konferensi pers di Jakarta Timur, pada Jumat, 11 Agustus 2023.

Lalu bagaimana cara cek polusi Udara di Ibu Kota Indonesia ini? Inilah 3 aplikasinya:

IQAir AirVisual

IQAir merupakan platform informasi kualitas udara secara gratis dan terbesar di dunia dengan melibatkan warga, organisasi, dan pemerintah global yang jumlahnya terus bertambah.

IQAir membagikan data kualitas Udara yang berdampak pada kesehatan manusia, sehingga meningkatkan kesadaran mengenai bahayanya partikel yang tercampur di udara yang kita hirup.

Baca Juga: Polusi Udara Bisa Ancam Kesehatan Otak, Begini Penjelasan Studi University of Birmingham Inggris

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x