15 Kecamatan di Kabupaten Ciamis Dilanda Krisis Air Bersih Akibat Kemarau Kering

- 18 September 2023, 06:31 WIB
Petugas BPBD tengah mendistribusikan air bersih kepada warga yang terdampak kekeringan di Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.
Petugas BPBD tengah mendistribusikan air bersih kepada warga yang terdampak kekeringan di Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat. /Antaranews/

PRIANGANTIMURNEWS - Kabupaten Ciamis pada tahun 2023 kali ini, dilanda musim kemarau kering yang menyebabkan menipisnya stok air bersih di beberapa Kecamatan.

Setidaknya terdapat 15 kecamatan dari total 27 kecamatan di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat yang benar-benar dilanda kekeringan dan mengalami kekurangan air bersih.

Dari 15 kecamatan tersebut terdapat sebanyak 7.107 keluarga. Terdiri dari 20.960 orang yang tinggal dilokasi tersebut.

Baca Juga: Kekeringan Melanda! Masyarakat Kesulitan Air Bersih, Polres Tasikmalaya Buat Sumur Bor

Pernyataan tersebut dilaporkan oleh Memet Hikmat, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis.

Memet juga menyampaikan bahwa pada Minggu, 17 September 2023 sebanyak 315.000 liter air bersih telah didistribusikan kepada semua keluarga yang terdampak kekeringan.

Bantuan tersebut sesuai dengan instruksi dari Pemerintah Daerah. Untuk meringankan beban dari 15 Kecamatan yang telah dilanda kekeringan musim kemarau panjang.

Baca Juga: Jelang Musim Kemarau Sebagian Sawah di Kabupaten Tasikmalaya Sudah Kekeringan, Warga Sulit Cari Air Bersih

Sementara penyaluran air bersih tersebut dilakukan oleh total 8 truk tangki air. Empat truk tangki dari BPBD, satu truk tangki dari PMI, satu truk dari BAZNAS.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x