Warga Baduy Dapat Bantuan Kartu JKN-KIS, Ini Alasanya!

- 27 September 2023, 16:32 WIB
Jaro Nalim, perwakilan warga Baduy dalam terima bantuan JKN-KIS.
Jaro Nalim, perwakilan warga Baduy dalam terima bantuan JKN-KIS. /ANTARA/

PRIANGANTIMURNEWS - Warga Baduy dalam yang berada di pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, menyambut baik hadirnya bantuan pemerintah, yaitu Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS)

Jaro Nalim, perwakilan dari warga Baduy Dalam, Kabupaten Lebak, pada Selasa 26 September 2023, memberikan tanggapan bahwa warganya sangat menyambut baik dan berterimakasih atas bantuan pemerintah pada program JKN-KIS.

Diketahui dengan adanya program kartu JKN-KIS masyarakat Baduy dalam maupun Baduy luar sangat terbantu dalam hal berobat baik di Puskesmas maupun di Rumah Sakit dengan tanpa biaya alias gratis.

Baca Juga: Memakai Pakaian Adat Baduy-Banten Hadiri Sidang MPR, Presiden Jokowi Banjir Pujian

Selama ini, kata Jarwo, sudah banyak kasus yang terjadi pada warga Baduy, seperti digigit ular berbisa atau sakit kronis, yang perlu mendapatkan penanganan medis.

Dengan adanya pembagian kartu JKN-KIS dari pemerintah, maka mereka bisa berobat secara gratis.

Jaro juga menjelaskan, bahwa masyarakat Baduy hingga kini dilarang menggunakan transportasi angkutan, sehingga tidak perlu dilakukan rujukan ke puskesmas dan rumah sakit.

Baca Juga: Mengenal Suku Baduy yang Bajunya Dipakai Presiden Jokowi saat Pidato Kenegaraan HUT RI ke-76

Sebab, jika dilakukan rujukan tentunya akan membutuhkan ambulans, sementara bagi masyarakat Baduy Dalam untuk keluar dari area itu dilarang.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x