Hadiri Acara Istana Berbatik, Presiden Jokowi: Batik Adalah Wajah Kita, Saya Senang Warna Sogan

- 2 Oktober 2023, 07:00 WIB
Tangkapan layar pernyataan Presiden Jokowi kepada Pres terkait batik adalah wajah kita dan kesukaannya terhadap batik warna sogan.
Tangkapan layar pernyataan Presiden Jokowi kepada Pres terkait batik adalah wajah kita dan kesukaannya terhadap batik warna sogan. /YouTube/Sekretariat Presiden/

PRIANGANTIMURNEWS - Minggu malam 1 Oktober 2023 menjadi malam acara "Istana Berbatik" di Istana Merdeka, Jakarta. Acara tersebut merupakan Pagelaran Busana sebagai peringatan dalam menyambut Hari Batik Nasional yang selalu diperingati pada 2 Oktober setiap tahunnya.

Dalam acara "Istana Berbatik" para tamu undangan memakai baju batik tanpa terkecuali orang nomor 1 di Indonesia yakni Presiden Jokowi. 

Diketahui Presiden Jokowi memakai batik berwarna coklat dengan motif parang barong seling kembang udan riris.

Baca Juga: Yuk Meriahkan Hari Batik Nasional Dengan Pasang Twibon, Kilk Segera Link Nya Disini

Dari laporan Ketua Panitia Pelaksana, Acara Istana Berbatik disiarkan langsung di media Televisi nasional dan online (kanal Youtube Sekretariat Presiden) serta melalui videotron dan LED di sekitar Istana Merdeka.

Seusai menghadiri acara, Presiden Jokowi memberikan keterangan kepada Pers terkait batik sebagai wajah dari budaya Indonesia.

"Sekali lagi batik adalah wajah kita. Wajah budaya kita dan sebagai sebuah karya seni yang luar biasa," tegas Presiden Jokowi di hadapan Pers didampingi oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin dikutip dari kanal Youtube Sekretariat Presiden Senin, 2 Oktober 2023.

Baca Juga: Hari Batik Nasional, Ungkap Makna dan Motif Batik yang Terkandung 

Lebih lanjut Presiden Jokowi memaparkan bagaimana setiap motif yang terdapat di kain batik memiliki simbolisme dan filosofi sehingga Presiden Jokowi begitu bangga menyebutkan bahwa batik adalah kebudayaan Indonesia.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: YouTube Sekretariat Presiden


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x