Banjir Setinggi 170 centimeter Rendam 24 RT di DKI Jakarta

- 1 Desember 2023, 16:07 WIB

PRIANGANTIMURNEWS- Banjir kembali merendam di wilayah DKI Jakarta. Sampai saat ini air setinggi 170 sentimeter masih merendam di 24 RT.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat sebanyak 24 RT masih terendam banjir. Ketinggian udara di tiap titik beragam, dimana paling tinggi 170 sentimeter.

Data tersebut merupakan data terbaru hari ini Jumat 1 November 2023 pukul 08.00 WIB. Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur menjadi wilayah yang memiliki titik banjir terbanyak sebanyak 10 RT.

Baca Juga: Korban Banjir Libya Capai Angka 5300 Jiwa! Jadi Bencana Bandang Paling Mematikan Tahun 2023

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan banjir disebabkan oleh hujan yang mengguyur dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Ibu Kota pada Kamis (30/11) dan Jumat (1/12).

“BPBD mencatat pengumpulan yang sebelumnya terjadi di 25 RT saat ini menjadi 24 RT atau 0,078% dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta,” ujar Isnawa Adji dalam keterangannya.

Selain itu, Isnawa menjelaskan hujan lebat juga mengakibatkan beberapa pintu air di wilayah Jakarta berstatus Siaga 3 atau Waspada dan Pintu Air Sunter Hulu berstatus Siaga 2.

Baca Juga: Banjir Melanda China Utara, Belasan Orang Tewas

Untuk mengantisipasi banjir, lanjut Isnawa, pihak BPBD DKI Jakarta telah menyiagakan personel untuk memonitor perkembangannya dengan berkoordinasi bersama unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, dan Dinas Gulkarmat.

“(Sinergi ini) untuk melakukan penyedotan penampungan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama para lurah dan camat setempat. Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat,” tuturnya.***

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: pmj news


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x