Waspada! Cacar Monyet Mengintai Kota Bogor, Dinkes Gencar Lakukan Langkah Antisipatif

- 1 Desember 2023, 13:22 WIB
Ilustrasi Cacar Monyet
Ilustrasi Cacar Monyet /Istimewa

PRIANGANTIMURNEWS - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Jawa Barat (Jabar), tengah menghadapi tantangan serius dengan munculnya dua kasus paparan cacar monyet di wilayah tersebut.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Bogor, Sri Nowo Retno, pada Kamis 30 November 2023 di Bogor mengungkapkan, bahwa dua warga yang terkena cacar monyet saat ini tengah menjalani isolasi mandiri (Isoman) di rumah, dengan pengawasan ketat dari pihak Dinas Kesehatan.

Meski gejalanya tergolong ringan, Dinkes Kota Bogor sedang melakukan langkah-langkah pencegahan dan pengendalian penyakit ini.

Baca Juga: Pelajar Indonesia, Celine, Menyajikan Hiburan Musik Untuk Presiden Jokowi di Dubai

Dengan fokus pada kontak penelusuran erat, Dinas Kesehatan berupaya keras untuk mencegah penyebaran lebih lanjut.

Saat ini, belum ada laporan tambahan kasus selain kedua pasien yang sedang diisolasi.

Dalam upaya pencegahan, Dinkes Kota Bogor sudah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 100.3.4.3/7117-P2P terkait Peningkatan Kewaspadaan atas Penyakit Monkeypox (mpox) atau yang dikenal dengan Cacar Monyet.

Baca Juga: Indikasi Penyakit Jantung Dan Tukak Lambung Nyaris Akur, Ini Cara Bedainnya!

Langkah ini diambil sebagai respon terhadap penyebaran penyakit yang juga meluas di wilayah sekitarnya, termasuk DKI Jakarta, Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Bandung.

Sri Nowo Retno, selaku Kadis Kesehatan Kota Bogor, menegaskan bahwa koordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sedang intensif dalam mendeteksi dini penyakit cacar monyet.

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x