Nggak Banyak yang Tahu! Ini Lima Manfaat Biji Labu Kuning Bagi Kesehatan

- 19 November 2023, 15:20 WIB
   Labu kuning tak hanya disayur. Biji labu kuning ternyata memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh./ PMJ News/That Baker Gal
Labu kuning tak hanya disayur. Biji labu kuning ternyata memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh./ PMJ News/That Baker Gal /

PRIANGANTIMURNEWS-- Masyarakat tentu tak asing lagi dengan buah Labu Kuning. Selama ini labu kuning hanya untuk sayur atau bahan dasar kue.

Namun ternyata selain buah,biji labu kuning juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Berdasarkan data dari United States Department of Agriculture (USDA), setiap dua sendok makan biji labu kuning (sekitar 28 gram) bisa menjadi sumber magnesium, seng, tembaga, dan selenium yang baik.

Baca Juga: Innalillahi, Empat Orang Tewas Tertimpa Tembok Pembatas Gedung MTSN 19 Pondok Labu yang Roboh

Seperti dikutip dari berbagai sumber, Minggu (19/11/2023), berikut sederet manfaat biji labu kuning bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Rutin mengonsumsi biji labu kuning dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan sel imun tubuh memperoleh manfaat dari kandungan antioksidan dalam biji labu kuning.

2. Menjaga Kesehatan Hati dan Jantung
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa omega-3 pada biji labu kuning dapat menurunkan risiko trombosis dan aritmia, yang menyebabkan serangan jantung, stroke, dan kematian jantung mendadak.

Baca Juga: 6 Tips Merawat Barang Elektronik Agar Tidak Mudah Rusak

Selain itu, omega-3 pada biji labu kuning juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, mengurangi plak pada dinding arteri, serta memperbaiki fungsi endotel (ukuran kesehatan peredaran darah).

3. Mencegah Osteoporosis
Fitoestrogen yang terdapat pada biji labu kuning memiliki efek menyerupai hormon estrogen yang ada di tubuh manusia. Oleh sebab itu, salah satu manfaat labu kuning adalah mampu mencegah osteoporosis pada wanita yang telah menopause.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x