Indikasi Penyakit Jantung Dan Tukak Lambung Nyaris Akur, Ini Cara Bedainnya!

- 29 November 2023, 13:55 WIB
Ilustrasi penyakit jantung
Ilustrasi penyakit jantung /Pixabay/Pexels

PRIANGANTIMURNEWS - Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) nih, Dr. Sally Aman Nasution SpPD-KKV, FINASIM, FACP, lagi bagi-bagi tips ke kita semua biar bisa ngebedain antara gejala serangan jantung sama gejala maag atau tukak lambung ya guys!

Dokter Sally dalam percakapannya pada Selasa 28 November 2023 bilang, cek orang yang lagi sakit lambung atau serangan jantung, itu tinggal lihat aja andai dia minum obat lambung, pasti ada perubahan dari rasa sakitnya. Kalau serangan jantung, pasti gak ada perubahan

Dokter Sally juga bilang, salah satu gejala serangan jantung dan tukak lambung yang sering bingung itu adalah rasa sakit di area dada.

Baca Juga: Tindakan Awal Dan Atasi Demam Pada Anak, Berikut Kata Pakar Kesehatan Anak!

Khususnya buat yang punya tukak lambung, sakit di dada itu biasanya nempel di ulu hati dan rasanya gak merambat ke tempat lain.

Bedalah sama serangan jantung, sakit di dada biasanya merambat ke area sekitar pembuluh koroner yang tersumbat. Contohnya, jika pembuluh darah koroner di bagian kanan atas yang sumbat, sakitnya bisa terasa sampai ke lengan dan bahu sebelah kanan.

Nih, ini bisa jadi petunjuk pertama buat bedain indikasi serangan jantung dan maag, loh!

Baca Juga: Jangan Olahraga Berlebihan, Ahli Sebut Bisa Ganggu Kesehatan Jantung

Terus, biar makin jelas bedanya, penderita harus mengalami kejadian sebelum merasakan sakit di dada itu. Kalau sebelumnya si penderita telat makan atau makan berlebihan, bisa jadi itu maag, karena bisa picu produksi asam lambung.

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x