Tindakan Awal Dan Atasi Demam Pada Anak, Berikut Kata Pakar Kesehatan Anak!

- 29 November 2023, 12:55 WIB
Ilustrasi demam pada anak./Pixabay @N-region
Ilustrasi demam pada anak./Pixabay @N-region /

PRIANGANTIMURNEWS - Pakar kesehatan anak dari RS Dr. Cipto Mangunkusumo, dr. Mulya Rahma Karyanti, SpA(K), M.Sc kasih tips buat atasi demam pada anak dengan gaya kekinian. Dia bilang, yang pertama, kasih anak minum terus biar nggak dehidrasi.

Dia bilang pada Selasa 28 November 2023, Kalo si kecil merasa gak nyaman, mending kasih obat penurun panas. Boleh diulang setiap 4-6 jam

Kalo demamnya nggak turun-turun, coba kompres pake air hangat. Menurut Karyanti, kalo anak demam tinggi sampe kesejukan, itu artinya suhunya masih mau naik sampe 39-40 derajat Celcius.

Baca Juga: Reaksi Tak Biasa Kiper Arema FC Liat Kevin Ray Mendoza Gabung Ke Persib Bandung

Maka-nya, kompres dengan air hangat selama 15 menit, itu bisa membantu. Coba kompres di lipatan ketiak, lipatan pangkal paha, atau sekalian badan anak pake waslap biar panasnya keluar.

Kalo sampe kejang, kompres dengan air hangat bisa bantu, pake sapu tangan atau waslap yang udah dicelupin ke air hangat. Intinya kayak abis minum obat penurun panas terus berkeringat, biar panasnya keluar dari pori-pori tubuh, ungkapnya.

Tapi kalo di hari ketiga demam masih belum ada perbedaan, saran Karyanti, bawalah segera anak ke fasilitas kesehatan terdekat buat nyari tau alasannya. Tapi, dia mengerti, kebanyakan demam disebabkan oleh virus, jadi antibiotik tidak selalu diperlukan.

Baca Juga: Profil dan Biodata Belinda Christina, Juara MasterChef Indonesia season 11 yang Sedang Disoroti Publik

Karyanti juga bilang, bahwa Antibiotik bukan solusi untuk semua masalah. Nggak setiap demam butuh antibiotik. Fokus dulu atasi demamnya, kasih minum terus

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x