Jangan Olahraga Berlebihan, Ahli Sebut Bisa Ganggu Kesehatan Jantung

- 28 November 2023, 21:00 WIB
Bahaya dan Resiko Olahraga Berlebihan Untuk Kesehatan Jantung
Bahaya dan Resiko Olahraga Berlebihan Untuk Kesehatan Jantung /

PRIANGANTIMURNEWS - Melakukan olahraga secara rutin memang sangat dianjurkan karena bisa menjaga kebugaran dan kesehatan jantung. Namun, jangan melakukan olahraga secara berlebihan karena justru bisa menyebabkan serangan jantung.

Seperti dilansir dari laman Hindustan Times, Selasa 29 November 2023,ahli jantung di Asian Heart Institute Mumbai Dr. Abhijit Borse mengatakan rutinitas olahraga yang berlebihan secara tidak sengaja dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, termasuk serangan jantung.

"Olahraga pasti dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko obesitas, meningkatkan kadar kolesterol, dan memperkuat otot jantung. Meskipun beraktivitas penting untuk kesehatan jantung, tapi tetap harus menjaga keseimbangannya," ungkap Borse.

Baca Juga: Delapan Macam Olahraga yang Bisa Mengecilkan Perut Buncit

"Olahraga berlebihan, terjadi ketika seseorang melakukan olahraga yang intens dalam jangka waktu lama tanpa memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk beristirahat dan memulihkan diri," sambungnya.

Kekhawatiran utama dari olahraga berlebihan, lanjut Borse, adalah ketegangan yang terjadi pada jantung. Selama aktivitas fisik yang berat, jantung memompa lebih banyak darah untuk memasok oksigen dan nutrisi ke otot.

"Ini respons normal terhadap olahraga, dan membantu meningkatkan kinerja jantung untuk menjadi lebih efisien. Namun, jika olahraga dilakukan secara ekstrem, jantung bisa menjadi terlalu banyak bekerja dan lelah, sehingga meningkatkan risiko kejadian buruk," tuturnya.

Baca Juga: Kunci Konsisten Olahraga ala Faizal Riko, Health Influencer yang Jadi Semifinalis L-Men 2023

Menurut Borse, salah satu kondisi umum yang terkait dengan olahraga berlebihan dikenal dengan sebutan 'jantung atlet' atau 'remodeling jantung akibat olahraga'.

"Pada individu yang secara konsisten memaksakan tubuhnya hingga batas maksimal, jantung mengalami perubahan struktural untuk mengakomodasi peningkatan kebutuhan aliran darah," jelasnya.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Hindustan Times


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x