Masyarakat Harus Bertindak! Dosen UI Soroti Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga

- 10 Desember 2023, 12:21 WIB
Ilustrasi KDRT terhadap seorang ibu muda berinisial MSD (24) tewas dibunuh suaminya sendiri bernama Nando (25) di rumah kontrakan mereka di Kabupaten Bekasi
Ilustrasi KDRT terhadap seorang ibu muda berinisial MSD (24) tewas dibunuh suaminya sendiri bernama Nando (25) di rumah kontrakan mereka di Kabupaten Bekasi /Sumber foto Instagram@kemenpppa/

 

PRIANGANTIMURNEWS - Dosen Fakultas Psikologi UI (Universitas Indonesia), Mellia Christia, M.Si., M.Phil., menyoroti perlunya respons cepat dari masyarakat saat menemui tanda-tanda KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga).

Menurutnya, partisipasi aktif masyarakat dapat memutus rantai kekerasan dan mencegah perluasan masalah tersebut.

Dalam pernyataannya pada hari Sabtu 9 Desember 2023, Mellia menekankan perlunya peran kuat masyarakat dalam menanggulangi dan mengatasi masalah KDRT.

Baca Juga: Drama Kelam di Jagakarsa: Pembunuh 4 Anak Kandung Terancam Hukuman Seumur Hidup Hingga Mati

Dia menyatakan bahwa anggapan umum di masyarakat, yang menganggap keributan dalam rumah tangga sebagai hal wajar, perlu diubah agar KDRT tidak terus berkembang.

Mellia menyoroti pemahaman masyarakat bahwa intervensi dalam urusan rumah tangga orang lain tidak pantas, yang dapat menyebabkan banyak kasus KDRT tersembunyi.

Dia juga mengungkapkan bahwa korban cenderung enggan melaporkan kekerasan karena takut mendapat stigma bahwa rumah tangganya tidak harmonis.

Baca Juga: Daftar 3 Film Horor Bioskop yang Rilis pada Desember 2023, Dijamin Serem dan Menakutkan, Ini Sinopsisnya!

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x