Sampah Bukan Tidak Tertangani, Hanya Perlu Prioritas Pengadaan Alat Berat

- 3 Maret 2024, 09:21 WIB
Kepala Dinas LH Denni Diyana sebut tangani sampah lebih maksimal perlu adanya prioritas pengadaan alat berat, armada, kontainer dan anggaran./Edi Mulyana/priangantimurnews/PRMN
Kepala Dinas LH Denni Diyana sebut tangani sampah lebih maksimal perlu adanya prioritas pengadaan alat berat, armada, kontainer dan anggaran./Edi Mulyana/priangantimurnews/PRMN /

PRIANGANTIMURNEWS - Belakangan ini banyak yang teriak sampah di Kota Tasikmalaya menumpuk di setiap TPS atau di beberapa kontainer yang disediakan di beberapa titik. 

Bicara masalah sampah tidak hanya terjadi di Kota Tasikmalaya, termasuk di daerah lain, bahkan bisa dikatakan di seluruh daerah di Indonesia. Upaya dalam menangani sampah terus dilakukan. 

Belum lama ini upaya penanganan sampah dilakukan Pj Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah yang mengerahkan seluruh OPD dengan membentuk tim satgas dan melibatkan masyarakat di setiap kelurahan. 

Baca Juga: Dandim 0612 dan Kapolres Tasikmalaya Ajak GMC Bersihkan Sampah dan Tanam Pohon di Pantai Cikalong

Tak lama ini tim satgas penanganan sampah telah dibubarkan, namun upaya dalam menangani sampah terus dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup. Hal tersebut dibenarkan Kadis LH, Denni Diyana.

"Upaya kita dan para petugas dalam menangani sampah selama ini terus dilakukan. Namun baru baru ini alat berat di TPA rusak berat sehingga di hentikan,"kata Kepala Dinas LH Denni Diyana Rabu 3 Maret 2024.

Adapun beberapa hari lalu ada keterlambatan proses pengangkutan, dikarenakan ada kerusakan alat berat di TPA. Meski ada kerusakan alat berat di TPA, kita terus berupaya mencurahkan sampah ke tempat yang kosong, namun lama kelamaan ada kendala sampai pada titik stak, akhirnya tidak bisa curah lagi di TPA. 

Baca Juga: Sungai Cimulu Akhirnya Dibersihkan, 75 Ton Sampah Terkumpul di WCD 2023 Kota Tasikmalaya

"Alat berat rusak kita terus perbaiki, sekarang sudah bisa di oprasikan, sehingga di TPS sudah tidak ada lagi penumpukan sampah. Hanya kendalanya DLH cuma memiliki dua alat berat di TPA, yang satu sudah rusak parah, sering mogok, kalau pun bisa di oprasikan 1-2-3 jam berhenti, karena cepat panas mogok lagi. Yang satu lagi masih mending, tapi kalau terus terusan di oprasikan tanpa di istirahatkan cepat rusak juga seperti kemaren,"kata Denni. 

Halaman:

Editor: Sri Hastuti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x