Idul Fitri, Momentum Kembalinya Jati Diri Manusia Sebagai Bangsa Beradab!

- 6 April 2024, 20:19 WIB
Ustadz R.H.M. Iwan Ichwanu Setiawan seorang Pemerhati Sosial Asal Kota Tasikmalaya bahas momentum kembalinya jati diri./Ade Advian Achmad/priangantimurnews/PRMN
Ustadz R.H.M. Iwan Ichwanu Setiawan seorang Pemerhati Sosial Asal Kota Tasikmalaya bahas momentum kembalinya jati diri./Ade Advian Achmad/priangantimurnews/PRMN /

PRIANGANTIMURNEWS - Setelah melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh, umat Muslim di seluruh dunia pada 1 Syawal 1445 Hijriah akan bertemu dengan hari kemenangan yakni Hari Raya Idul Fitri.

Ketika menjalankan ibadah puasa, umat Muslim telah ditempa dengan berbagai ujian. Ada tiga ujian yang harus dilalui umat Muslim ketika menjalankan ibadah puasa ini.

Ketiga ujian tersebut dipaparkan oleh pemerhati sosial yakni Ustadz R.H.M Iwan Ichwanu Setiawan, S.Sos, M.H melalui pesan elektronik kepada priangantimurnews.pikiran-rakyat.com pada Sabtu, 6 April 2024.

Baca Juga: Jelang Idul Fitri 1445 H, Sekda Ivan Dicksan ASN Mulai Cuti Bersama

Menurut Ustadz R.HM. Iwan Ichwanu Setiawan, ketiga ujian tersebut adalah yang pertama yakni,

Ujian utuk  memanagemen waktu. Ujian ini adalah bagaimana manusia bisa  mengatur porsi waktu tatkala di hadapkan pada nilai keberkahan yg ada dalam bulan yg penuh rahmat dan  ampunan. Tersucikannya diri sehingga terbebas dr ancaman api neraka.

"Sesungguhnya kalau menurut saya ini bukan pembedaan pada  tiga fase yakni fase rahmat, ampunan atau maghfirah, terbebas dari api neraka tapi berada dalam satu fase yg dinamakan fase kemuliaan yg mengandung unsur ketiga fase tadi yang  terbentuk pada  satu ikatan atau lailatur qadri," ujar Ustadz R.H.M. Iwan Ichwanu Setiawan.

Baca Juga: Warga Muhammadiyah Kota Tasikmalaya Wajib Tahu! Ini Daftar Masjid yang Selenggarakan Sholat Idul Fitri 1445 H

Ujian yang kedua kata Ustadz asli Kota Tasikmalaya yang kini menetap di Kota Bekasi ini yakni ujian pengendalian diri.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x