Meriam Langka Dipamerkan di museum Kota Palembang

- 12 November 2020, 11:28 WIB
Meriam langka dipamerkan di Museum Palembang
Meriam langka dipamerkan di Museum Palembang /antaranews/

PRIANGANTIMURNEWS - Meriam langka dipamerkan di Musem Kota Palembang. 11 sampai 19 Desember 2020 di Museum Negeri Balaputera Dewa Kota Palembang.

Komunitas Pecinta Antik dan Kebudayaan Sriwijaya (Kompaks) memamerkan meriam langka yang diduga berasal dari masa Kesultanan Palembang Darussalam.

Seperti dikutip priangantimurnews.com dari antaranews.com, anggota Kompaks Hirmeyudi pada Kamis menuturkan, meriam dengan berat sekitar 150 kilogram yang ditemukan di Sungai Musi pada awal 2020 lalu.

Baca Juga: Membaca Buku Dapat Hilangkan Stres Menjadi Karya, Galau Menjadi Puisi

Pada bodi meriam berhias ukiran dua kalimat syahadat dan corak khas Palembang.

"Meriam ini bisa dipanggul karena lebih kecil dari meriam umumnya dan belum ada temuan meriam semacam ini di Sumsel," ujarnya.

Senjata sepanjang 1,75 meter yang terbuat dari perunggu itu, ia menjelaskan, secara umum bentuknya hampir sama dengan meriam kuno yang ada di Thailand.

Baca Juga: Milenial Pangandaran berikan Ruang Kreatifitas melalui Kegiatan Show Case Irama Visual

Bedanya, ia melanjutkan, hanya ada pada ukiran corak kecubung Palembang dan dua kalimat syahadat pada bagian ekor meriam.

Menurut Hirmeyudi, meriam itu ditemukan di kawasan Pabrik Pusri yang merupakan lokasi Keraton Kuto Gawang milik Kesultanan Palembang pada abad ke-14 hingga ke-17.

Halaman:

Editor: Ahmad Ramadan

Sumber: antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x