Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana, Menteri Sosial Siapkan 4 Langkah Strategis

- 21 Juli 2021, 13:42 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini
Menteri Sosial Tri Rismaharini /Humas Kemensos RI/

PRIANGANTIMURNEWS– Menteri Sosial Tri Rismaharini mengajak semua pihak terkait dan jajaran Kementerian Sosial agar bersiap menghadapi potensi bencana alam yang datangnya tiba-tiba dengan melakukan 4 langkah stategis.

Seperti yang dilansir Priangantimurnews.com Pikiran rakyat melalui rilis Biro Humas Kementerian Sosial RI, Rabu, 21 Juli 2021.

Pertama, segera melakukan berbagai langkah antisipasi dengan menjelaskan kepada masyarakat agar memahami tentang bahaya bencana, sehingga ada persiapan untuk mengahadapinya, termasuk dengan cara-cara kearifan lokal di tengah masyarakat.

“Kita belajar dari bencana di Palu yang sebelumnya sudah diperingatkan akan terjadinya bencana tapi karena tidak ada respon dampaknya bisa kita saksikan begitu banyak korban jiwa, ” ujar Mensos saat memberikan arahan terkait kesiapsiagaan menghadapi bencana yang digelar oleh Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial di Jakarta, Rabu 21 Juli 2021 pagi.

Peta bahaya tsunami Teluk pacitan Jawa Timur.
Peta bahaya tsunami Teluk pacitan Jawa Timur.

Baca Juga: Tingkatkan Dunia Literasi Masyarakat Peisisir, Anda Ingin Tahu Aplikasi Smart Lanal Bandung, Ini Caranya

Kedua, dalam situasi bencana komunikasi menjadi kendala yang tidak mudah diatasi karena memang kondisi dalam keadaan tidak normal sehingga berdampak pada sulitnya pengiriman bantuan dan kebijakan seperti apa yang harus dilakukan.

Permasalahan juga muncul karena adanya kendala komunikasi di lokasi bencana, tim hanya fokus di satu titik yang dianggap parah. Padahal di titik lain justru lebih parah dan sangat memerlukan bantuan yang harus disegerakan.

Sangat penting menggandeng teman-teman dari Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) dan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) yang secara teknis menguasai kondisi bencana di lapangan dan merek bisa membantu komunikasi saat terjadi bencana,” ungkap Mensos.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Humas Kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x