Cari Bakat Peserta Berprestasi Bappelitbangda Gelar Lomba Inovasi Teknologi

- 28 Juli 2021, 14:10 WIB
Bappelitbangda bahas lomba inovasi dan teknologi
Bappelitbangda bahas lomba inovasi dan teknologi /PRIATIM PRMN/EDI MULYANA/

PRIANGANTIMURNEWS- Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Tasikmalaya, Tatang Supriatna mengatakan, kegiatan lomba inovasi teknologi daerah yang dilaksanakan ini merupakan amanah undang-undang 23 Tahun 2014.

UU 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Di dalam peraturan tersebut, pemerintah daerah diamanahkan dan disarankan untuk melakukan inovasi dalam melakukan pembaharuan pelayanan publik.

"Lomba inovasi teknologi daerah ini bisa meningkatkan daya saing daerah, juga mendorong peningkatan pelayanan publik, percepatan pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan daya saing daerah termasuk sumber daya iptek yang ada di daerah khususnya di Kota Tasikmalaya," kata, Kabid Tatang kepada priangantimur.pikiran-rakyat.com di Kantor Bappelitbangda Rabu 28 Juli 2021.

Baca Juga: Begini Tanggapan Komisioner Komnas HAM Terkait Video Viral Orang Papua yang Diinjak Anggota PM TNI AU

Ia menyebutkan, lomba inovasi teknologi daerah selain untuk menumbuh kembangkan juga menjadi daya saing yang memang sampai saat ini Kota Tasikmalaya masuk pada katagori kurang inovatif. Jika di lihat ditingkat nasional Kota Tasikmalaya berada di nomor urutan ke 57 dari klaster kota.

"Dengan adanya lomba inovatif teknologi ini. Paling tidak Kota Tasikmalaya bisa berangsur lebih baik dan lepas dari katagori kurang inovatif diganti jadi inovatif. Meski lomba tehnologi inovatif ini dilaksanakan secara virtual dengan alasan masih terkendala dengan pandemi Covid-19," kata, Tatang.

Untuk menghasilkan dan melahirkan bakat peserta lomba teknologi yang terbaik menghadirkan dewan juri secara virtual terdiri dari kalangan akademisi dan Badan Litbang Provinsi Jawa Barat dari lokasi masing masing. Untuk peserta diundang langsung di Bappelitbangda Kota Tasikmalaya dengan mengutamakan protokol kesehatan 5M.

Baca Juga: Karakter Pak Surya Dalam Sinetron Ikatan Cinta Mulai Rumit, Surya Saputra: Ini Stresnya Gokil

Kabid, Tatang menyebutkan, bagi peserta yang lolos dari lomba inovasi teknologi darah sekarang ini. Kedepan dipersiapkan dan akan diusulkan ke lomba inovasi ke tingkat Jabar dan tingkat nasional.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x