Penuhi Kebutuhan Darah, RSUD dan Permatadora Gelar Donor Darah

- 12 Oktober 2021, 19:00 WIB
RSUD Dokter Soekardjo dan Permatadora di dukung oleh 16 perusahaan besar grup Mayasari melakukan donor darah.
RSUD Dokter Soekardjo dan Permatadora di dukung oleh 16 perusahaan besar grup Mayasari melakukan donor darah. /PRIATIM PRMN/EDI MULYANA/

PRIANGANTIMURNEWS- Untuk memenuhi kebutuhan darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dokter Soekardjo Tasikmalaya per bulan membutuhkan 900 sampai 1000 labu. Hal tersebut di benarkan Direktur Utama RSUD, Dr.Wasisto.

"Kebutuhan darah untuk RSUD Dokter Soekardjo Tasikmalaya ini rata rata per bulan sebanyak 900 sampai 1000 labu darah. Jika di hitung perhari rata rata sekitar 30 -35 labu. Jadi sangat tinggi kebutuhannya," kata, Dr.Wasisto kepada priangantimurnews.pikiran-rakyat.com Selasa 12 Oktober 2021.

Kebutuhan 1000 labu per bulan 30 sapai 35 labu per hari ini semua di peruntukan untuk menuhi kebutuhan pasien yang di rawat di RSUD Dokter Soekardjo baik pasien umum mau pun pasien peserta BPJS dan lainnya.

Baca Juga: Ungkap Pengalamannya Bermain Bersama Lionel Messi, Wijnaldum: Sulit untuk Dijelaskan

Kebanyakan pasien yang membutuhkan darah di dominasi oleh pasien ibu melahirkan, pasien kecelakaan, pasien oprasi dan pasien lainnya.

"Kita akui beberapa pekan ini di RSUD Dokter Soekarjo sempat mengalami kekurangan setok, sehingga untuk menuhi kebutuhan pasien banyak di ambil dari pendonor keluarga pasien yang cocok, sehat dan aman," kata Dr.Wasisto.

Untuk memenuhi kebutuhan setok darah di RSUD Dokter Soekarjo secara bertahap satu bulan ini sudah dua kali dilaksanakan donor darah masal di motori oleh Perkpulan Masyarakat Tanggap Donor Darah (Permatadora) dan PMI Kabupaten Tasikmalaya.

Baca Juga: Angka Kasus Positif Covid-19 Jauh Menurun, Namun PPKM Harus Tetap Dilaksanakan Karena Covid-19 Masih Ada

"Selama sebulan ini alhamdulilah telah dua kali laksanakan donor darahasal pertama dilaksanakan di pusat perbelanjaan Tranart dan sekarang kita laksanakan di Gedung Yayasan Mayasari Bakti," kata, Wasisto.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x