Menkes Bertemu Diaspora Kesehatan Indonesia di Amerika-Eropa Bahas Peningkatan Mutu SDM Kesehatan

- 21 April 2022, 19:01 WIB
Menteri Kesehatan berbincang dengan diaspora kesehatan Indonesia yang berkarir di Amerika dan Eropa secara daring.
Menteri Kesehatan berbincang dengan diaspora kesehatan Indonesia yang berkarir di Amerika dan Eropa secara daring. /Kemenkes/

PRIANGANTIMURNEWS- Menteri Kesehatan berbincang dengan diaspora kesehatan Indonesia yang berkarir di Amerika dan Eropa secara daring.

Pertemuan yang turut dihadiri Wakil Menteri Kesehatan, Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan, Kepala KKI, Duta Besar Indonesia untuk Belanda, Inggris Raya dan Jerman ini, secara rinci membahas mengenai rencana Kementerian Kesehatan dalam melaksanakan transformasi sistem kesehatan di Indonesia. Menkes ingin Diaspora kesehatan Indonesia membantu menyukseskan program tersebut. 21 April 2022.

Yang paling dekat, Kementerian Kesehatan akan melakukan transformasi layanan primer yang dimulai dengan memperluas infrastruktur kesehatan hingga level rumah/masyarakat, meningkatkan program promotif preventif, menurunkan angka stunting, dan menekan Angka Kematian Ibu (AKI).

''Satu-satu kita bereskan supaya lebih baik lagi,'' tuturnya.

Baca Juga: Tim Gabungan Geledah Kamar Warga Binaan Lapas Tasikmalaya

Perihal layanan primer, Kemenkes berupaya untuk meningkatkan layanan kesehatan terutama untuk penyakit degeratif yang menjadi penyumbang kematian tertinggi di Indonesia yakni jantung, stroke dan kanker.

Setiap daerah didorong memiliki layanan kesehatan dengan jumlah tenaga kesehatan dan fasilitas yang memadai. Sehingga, pasien bisa cepat ditangani dan diselamatkan tanpa harus menunggu untuk dirujuk ke daerah lain atau bahkan sampai dirujuk ke luar negeri. Karenanya kualitas layanan RS baik milik pemerintah maupun swasta harus ditingkatkan.

''Ada daerah yang dokter spesialisnya cuma 1 atau 2, ini sangat jauh untuk melayani jumlah populasi di wilayah masing-masing,'' ujarnya.

Baca Juga: 15 Twibbon Menyambut Hari Kartini 21 April 2022, Menarik dan Cocok Dibagikan di Media Sosial Anda

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Kemenkes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x