Disdikbud Kabupaten Tasikmalaya Terus Berupaya Melestarikan Seni Badeng Mandalawangi

- 27 Juni 2022, 21:11 WIB
Para pegiat kesenian Baden
Para pegiat kesenian Baden /Dok. Pribadi/

PRIANGANTIMURNEWS- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya akan terus berupaya untuk melestarikan dan mengembangkan khususnya Seni tradisional termasuk Seni Badeng Mandalawangi, Desa Tanjungmekar, Kecamatan Jamanis.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Tasikmalaya, Dudi Wardiman, Senin 27 Juni 2022.

"InsyaAllah akan terus berupaya untuk melestsrikan dan mengembangkan khususnya seni tradisional yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. Termasuk seni Badeng Mandalawangi Kecamatan Jamanis," ungkapnya.

Baca Juga: Sri Lanka Alami Kebangkrutan, Dubes RI Bakal Lakukan Evakuasi WNI...

Dia menjelaskan bahwa beberapa tahun yang lalu sebelum adanya pandemi Covid 19, Seni Badeng diikut sertakan sebagai peserta dalam kegiatan Pasanggiri Seni Sunda yang diselenggarakan oleh Disdikbud Kabupaten Tasikmalaya.

"Waktu itu bertempat di halaman Kantor Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya," jelasnya.

Sanggar Seni Badeng dari Mandalawangi, Desa Tanjungmekar, Kecamatan Jamanis, Kabupaten Tasikmalaya mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) dalam rangka meningkatkan eksistensi kesenian.

Bantuan sebesar Rp 50 Juta dari Kemensos RI tersebut langsung diterima oleh Sanggar Seni Badeng.

Kepala Desa Tanjungmekar, Ade Lukmanul Hakim mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini atas bantuan yang telah diberikan kepada Sanggar Seni Badeng.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x