Masa Berlaku Paspor Diperpanjang Jadi 10 Tahun, Kecuali Golongan Ini Tetap 5 Tahun

- 26 Oktober 2022, 20:43 WIB
 Peserta sosialisasikan perubahan masa berlaku paspor dari 5 tahun menjadi 10 tahun yang dilakukan Kantor Imigrasi Kelas ll Non TPI Tasikmalaya di Hotel Tiara Plaza Ciamis, Rabu 26 Oktober 2022.
Peserta sosialisasikan perubahan masa berlaku paspor dari 5 tahun menjadi 10 tahun yang dilakukan Kantor Imigrasi Kelas ll Non TPI Tasikmalaya di Hotel Tiara Plaza Ciamis, Rabu 26 Oktober 2022. /Edi Mulyana/Priangantimurnews

PRIANGANTIMURNEWS - Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan baru mengenai perubahan masa berlaku Paspor.

Semula masa berlaku Paspor hanya 5 tahun. Dalam aturan baru paspor berlaku 10 tahun.

Perubahan masa berlaku Paspor dari 5 tahun menjadi 10 tahun telah ditetapkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI.

Baca Juga: Ini Cara Pasang Foto dan Download Twibbon Hari Sumpah Pemuda 2022, Bingkai Menarik dengan Kualiitas Terbaik

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Tasikmalaya Suyitno mengatakan masa berlaku Paspor mengalami perubahan dari 5 tahun menjadi 10 tahun.

"Berdasarkan peraturan Direktorat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 18 Tahun 2022. Sekarang Paspor di usia 17 tahun ke atas diberlakukan 10 tahun."kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas ll Non TPI Tasikmalaya, Suyitno saat sosialisasi di Hotel Tiara Ciamis Rabu 26 Oktober 2022.

Namun bagi pemohon paspor yang masih usianya 17 tahun ke bawah tetap masih diberlakukan aturan yang lama berlaku 5 tahun.

Baca Juga: Kessie Berharap Barcelona Lolos ke 16 Besar UCL

Untuk usia 17 keatas baru diberlakukan 10 tahun dan itu di berlakukan sejak tanggal 29 September 2022. 

"Diberlakukannya masa berlaku paspor selama 10 tahun tujuannya untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Untuk proses tetap masih berlaku seperti biasa dengan menyertai dokumen pribadi dan administrasi sesuai dengan PNBP awal.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x