Dua Arti Dari Nama dan Sejarah Tasikmalaya Ada...

- 6 Desember 2023, 09:47 WIB
Ilistrasi sejarah Tasikmalaya
Ilistrasi sejarah Tasikmalaya /Tangkapan layar

PRIANGANTIMURNEWS - Bagi warga priangan dan sekitarnya mendengar nama Tasikmalaya sudah tidak asing lagi. Bagi yang belum tahu nama Tasikmalaya didengarnga pasti asing.

Namun jika bicara Gunung Galunggung mungkin banyak yang tahu karena letusannya yang sangat dasyat. Dari letusan dahsyat itu nama Tasikmalaya pun terangkat.

Mungkin diantara kalian masih penasaran dengan arti nama Tasikmalaya. Tasikmalaya ada dua arti yang harus anda ketahui.

Baca Juga: Sejarah Kebataraan dan Kerajaan di Tasikmalaya

"Arti pertama Tasikmalaya berasal dari kata Keusik Ngalayah. Ke dua arti Tasikmalaya terdiri dari dua suku kata yaitu Tasik dan Malaya,"dikutip dari TikTok @schtvofficial Rabu 6 Desember 2023.

Keusik artinya pasir karena pada tahun 1822 telah terjadi letusan Gunung Galunggung yang sangat dahsyat sehingga seluruh Kabupaten Sukapura saat itu tertimbun pasir.

Sedangkan Ngalayah artinya banyak dimaksudkan kepada banyaknya pasir yang menutupi wilayah kabupaten Sukapura saat Gunung Galunggung meletus.

Baca Juga: Ponpes Cipasung Tasikmalaya Menyatakan Dukungan, Ganjar-Mahfud Pilihan KH Ubaidillah Ruhiat

Lalu yang kedua arti Tasikmalaya terdiri dari dua suku kata yaitu Tasik dan Malaya. Tasik artinya telaga laut atau air yang menggenang sedangkan Malaya artinya jajaran gunung-gunung.

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda

Sumber: TikTok @schtvofficial


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x