Sejarah Kebataraan dan Kerajaan di Tasikmalaya

- 6 Desember 2023, 09:31 WIB
Ilustrasi Sejarah Kebataraan dan Kerajaan di Tasikmalaya
Ilustrasi Sejarah Kebataraan dan Kerajaan di Tasikmalaya /

PRIANGANTIMURNEWS - Sebagian dari warga Tasikmalaya yang memahami tentang sejarah jaman ke Bataraan, jaman kerajaan, sejarah nama Tasikmalaya dan lainnya mungkin sudah tidak asing.

Tetapi bagi kalian yang belum tahu mungkin masih penasaran dan menjadi bertanya tanya. Atau ada rasa penasaran ingin menggali tentang sejarah Kebataraan dan sejarah Tasikmalaya.

Untuk membuktikan rasa penasaran, keingin tahuan tentang sejarah Kebataraan dan Tasikmalaya bukan hal yang mudah. Namun dengan adanya teknologi dapat mempermudah Anda.

Baca Juga: Ponpes Cipasung Tasikmalaya Menyatakan Dukungan, Ganjar-Mahfud Pilihan KH Ubaidillah Ruhiat

Sebagian sejarah di abad 7 hingga 12, di wilayah Tasikmalaya ada sebuah kebataraan yang pusat pemerintahannya di sekitar Gunung Galunggung.

"Disebut kebataraan karena hanya dengan persetujuan bataralah raja-raja Galuh dianggap sah sebagai raja saat itu," dikutip daridari TikTok @schtvofficial Rabu 6 Desember 2023.

Batara yang memerintah pada abad tersebut adalah sang Batara Semplakwaja, Batara Kuncung Putih, Batara Kawindu, Batara Wastuhayu, dan Batari Hyang.

Baca Juga: Frustasi oleh Terowongan Bawah Tanah Hamas: Israel akan Banjiri dengan Air Laut

Pada masa Batari Hyang ke bataraan Galunggung berubah menjadi Kerajaan Galunggung yang berdiri pada tanggal 13 Badarapadha 1033 Saka atau 21 Agustus 1111 seperti yang tertulis pada prasasti Gegerhanjuang yang ditemukan di bukit Gegerhanjuang desa Linggawangi, kecamatan Leuwisari, Tasikmalaya.

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda

Sumber: TikTok @schtvofficial


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x