Piala AFF 2022, Momen Tepat Timnas Indonesia untuk Menghapus Kutukan

- 22 Desember 2022, 17:20 WIB
Para punggawa timnas Indonesia yang akan memperkuat di Piala AFF 2022/ Instagram @pssi.
Para punggawa timnas Indonesia yang akan memperkuat di Piala AFF 2022/ Instagram @pssi. /

PRIANGANTIMURNEWS - Piala AFF kembali digelar, kompetisi sepak bola yang mempertemukan negara-negara di kawasan Asia Tenggara ini digelar 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023.

Piala AFF merupakan kompetisi yang rutin digelar setiap dua tahun sekali. Tahun ini merupakan edisi ke-14 dari turnamen sepak bola negara-negara anggota ASEAN Football Federation (AFF) tersebut.

Piala AFF dimulai sejak tahun 1996 ( awalnya bernama Piala Tiger ), Thailand berhasil menjadi juara edisi pertama setelah mengalahkan Malaysia di final dengan skor 1-0.

Baca Juga: Update Ranking BWF 2022: Fajar dan Rian Sukses Mencetak Sejarah

Sampai saat ini Thailand juga tercatat sebagai tim tersukses di Piala AFF dengan 6 gelar juara, diperingkat kedua ada Singapura yang tercatat sudah mengoleksi 4 gelar.

Bagaimana dengan Timnas Indonesia? Selama kiprahnya mengikuti Piala AFF, Indonesia berhasil mencapai final sebanyak 6 kali. Sayangnya, dari 6 kali masuk final, semuanya berakhir dengan kekalahan.

Juara tanpa mahkota pun disematkan buat Timnas Indonesia, 6 kali menjadi Runner-up dan tanpa pernah sekalipun juara menjadi bukti nyata menggambarkan Timnas Indonesia di Piala AFF.

Baca Juga: Sosok Ibu Menurut Pemain Persib, Febri Hariyadi: Ibu Adalah Malaikat Tak Bersayap

Edisi kali ini menjadi ke 14 kalinya keikutsertaan Timnas Indonesia di Piala AFF. Tahun ini Indonesia bergabung di group A bersama Thailand, Kamboja, Filipina dan Brunei Darussalam.

Dengan skuad yang dimiliki sekarang, menjadi juara bukan suatu yang mustahil bagi Timnas Indonesia. Apalagi pelatih Indonesia, Shin Tae-Yong juga menargetkan juara di edisi Piala AFF kali ini.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: pssi.org


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x