Kode-Kode Lampu Sein Mobil, Jawa dan Sumatera Berbeda, Simak Baik-Baik

- 22 November 2021, 08:48 WIB
ILUSTRASI lampu mobil
ILUSTRASI lampu mobil /Pixabay

 
PEIANGANTIMURNEWS - Belakangan ini viral di media sosial video yang memperlihatkan kode-kode lampu sein mobil di Sumatera.
 
Dalam video tersebut pengunggahnya menuliskan keterangan dari kode-kode lampu sein mobil yang ia rekam didepannya.
 
Dalam perkembangan dunia otomotif, Indonesia terbilang cukup unik. Pasalnya, jika kamu sering berkendara di malam hari dan bertemu bus, maka kamu akan sering melihat para sopir bus memainkan lampu.
 
 
Perlu diketahui, hal tersebut bukanlah sebuah guyonan antar sopir tapi menjadi sebuah kode tersendiri.
 
Beberapa daerah di Indonesia ternyata kode-kode lampu sein tersebut berbeda-beda. Tentu hal ini cukup menarik dipelajari supaya dapat memahami kode-kode lampu sein mobil sehingga dapat berkendara dengan lebih aman.
 
Dilansir dari cintamobil.com, menjelaskan kode-kode lampu sein mobil di Jawa dan Sumatera.
 

1. Isyarat Lampu Sein Di Jawa Timur

Lampu Sein Sebelah Kanan

Apabila kamu mengamati bahwa sebuah truk atau bus menghidupkan lampu sein di sebelah kanan dan tidak ada tikungan di area tersebut, maka ada hal yang harus diperhatikan.

Arti tanda tersebut adalah Anda dipersilahkan untuk mendahului truk tersebut dari lajur kanan dikarenakan lajur tersebut aman dan tidak ada kendaraan.

Lampu Sein Sebelah Kiri

Sedangkan jika lampu sein kiri yang berkedip pada truk atau bus, maka ada pesan yang disampaikan oleh pengendara. Pengendara truk hendak mengatakan, sebaiknya kamu tidak mendahului dikarenakan kondisi tidak aman atau ada kendaraan dari arah berlawanan. 

Jika kamu menemui kode isyarat lampu sein seperti ini sebaiknya tetap berada di lajur kiri.

Baca Juga: Alami Masalah Jantung, Aguero Bakal Diumumkan Pensiun dari Barcelona

2. Isyarat Lampu Sein Di Sumatera

Berbeda dengan yang ada di pulau Jawa, kode isyarat lampu sein di Sumatera berbeda.

Lampu Sein Sebelah Kanan

Khusus di pulau Sumatera, lampu sein sebelah kanan mengartikan bahwa sebaiknya kamu tidak mendahului truk atau bus tersebut dikarenakan ada kendaraan dari berlawanan arah.

Langkah yang bisa kamu lakukan adalah tidak mendahului atau mendahului dari lajur kiri namun dengan pemberitahuan lebih awal.

Lampu Sein Sebelah Kiri

Sebaliknya, apabila lampu sein sebelah kiri berkedip maka menandakan tak ada kendaraan dari arah berlawanan sehingga kamu dapat mendahului dari lajur kanan.

Halaman:

Editor: Aldi Nur Fadilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x