Ubah Warna Mobil Anda dengan Aplikasi, BMW Memperkenalkan Mobil Pengubah Warna

- 7 Januari 2022, 21:28 WIB
BMW iX Flow dengan material pengubah warna ditampilkan selama CES 2022 di Las Vegas Convention Center di Las Vegas, Nevada, AS 6 Januari 2022.
BMW iX Flow dengan material pengubah warna ditampilkan selama CES 2022 di Las Vegas Convention Center di Las Vegas, Nevada, AS 6 Januari 2022. /REUTERS/Steve Marcus/

PRIANGANTIMURNEWS- Produsen mobil Jerman BMW telah meluncurkan mobil 'pengubah warna' pertama di dunia di Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas.

Mobil konsep, yang disebut BMW iX Flow, menggunakan teknologi tinta elektronik yang biasa ditemukan di e-reader untuk mengubah eksterior mobil menjadi berbagai pola dalam warna abu-abu dan putih.

'Ini benar-benar perubahan warna yang hemat energi menggunakan teknologi E Ink,' kata insinyur riset BMW Stella Clarke. 'Jadi kami mengambil bahan ini semacam kertas tebal dan tantangan kami adalah menempatkan ini pada objek 3D seperti mobil kami.

Baca Juga: KABAR TERBARU: Kuasa Hukum Danu Balik Serang Rohman Hidayat Soal Danu Tidak Mau Tandatangan BAP

Ketika dirangsang oleh sinyal listrik yang dikendalikan oleh aplikasi telepon, bahan tersebut membawa pigmen yang berbeda ke permukaan, menyebabkan mobil mengambil warna atau desain yang berbeda, seperti garis balap.

Di masa depan, perubahan juga akan dikendalikan oleh tombol di dashboard mobil atau bahkan dengan gerakan tangan, kata Clarke.

Tidak ada energi yang dibutuhkan untuk mempertahankan warna yang dipilih pengemudi, menurut BMW.

Baca Juga: Jadwal Sholat Kabupaten Garut Hari Sabtu, 8 Januari 2022 Lengkap dengan Niat dan Doa Setelah Wudhu

'Kasus penggunaan favorit saya adalah penggunaan warna untuk memengaruhi pantulan sinar matahari,' kata Clarke. 'Pada hari yang panas dan cerah seperti hari ini, Anda dapat mengganti warna putih untuk memantulkan sinar matahari. Pada hari yang dingin, Anda dapat mengubahnya menjadi hitam untuk menyerap panas.'

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x