Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM) Jadi Perguruan Tinggi RI Pertama di Luar Negeri

- 13 Agustus 2021, 22:15 WIB
Universiti Muhammadiyah Antarbangsa Malaysia (UMAM) Jadi Perguruan Tinggi RI Pertama di Luar Negeri
Universiti Muhammadiyah Antarbangsa Malaysia (UMAM) Jadi Perguruan Tinggi RI Pertama di Luar Negeri /Instagram @lensamu/

PRIANGANTIMURNEWS-Organisasi Persyarikatan Muhammadiyah sekali lagi mengepakkan sayapnya di bidang pendidikan dengan mendirikan perguruan tinggi di Malaysia.

Mengusung nama Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM), lembaga ini menjadi Perguruan Tinggi pertama asal Indonesia di luar negeri.

Berdirinya UMAM melewati serangkaian proses panjang dan konsep yang disiapkan dalam waktu lama.

Chairman Board of Governors (BoG) UMAM Prof. Bambang Setiaji menyampaikan, pendekatan dalam merintis UMAM terbilang berbeda dengan perguruan tinggi pada umumnya.

Bambang menyampaikan, pada tiga tahun pertama, program yang ditawarkan adalah jenjang magister dan Philosophy of Doctor (Ph.D). Sementara program jenjang Strata 1, kata dia, akan dimulai setelah tahun ketiga.

“Mengapa dipilih program itu, karena mengenai sumber daya yang tersedia. Jadi program ini didukung oleh sekitar 16 atau 17 Guru Besar yang sudah purna dari Malaysia yang dipimpin oleh Prof. Datuk Mohd Noh Dalimin,” kata Bambang, dikutip dari muhammadiyah.or.id.

Baca Juga: Universitas Bung Karno Berikan Potongan Biaya SPP bagi Calon Mahasiswa yang Daftar di Bulan Agustus

Sementara itu, Rektor/Chief of Executive UMAM, Waluyo Adi Siswanto menjelaskan, bahwa UMAM memiliki 15 program studi. Terbagi di lima prodi S3 atau Ph.D, yakni prodi pendidikan, bisnis dan manajemen, ilmu sosial, studi islam, dan teknologi-informasi.

“Untuk yang master program studinya sama dengan yang disebutkan diatas, hanya jenjangnya saja untuk jenjang master,” ungkapnya.

Pemilihan jenjang magister dan doktor, menurut Waluyo Adi dipilih berdasarkan mode by research. Sehingga mahasiswa yang menempuh pendidikan di UMAM di jenjang ini sejak awal sudah langsung fokus pada penelitian.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Muhammadiyah.or.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah