17 SMK Buka 12 Jurusan Baru di Kawasan Rebana Mulai dari Jurusan Kapal Non Baja, Logistik hingga Tata Boga

- 4 Oktober 2021, 13:43 WIB
Pemprov Jabar saat membuka 12 jurusan baru atau kompetensi keahlian baru di 17 SMK negeri di Kawasan Metropolitan Rebana Jawa Barat.
Pemprov Jabar saat membuka 12 jurusan baru atau kompetensi keahlian baru di 17 SMK negeri di Kawasan Metropolitan Rebana Jawa Barat. /Humas Jabar/

PRIANGANTIMURNEWS- Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat membuka 12 jurusan baru atau kompetensi keahlian baru di 17 SMK negeri di Kawasan Metropolitan Rebana Jawa Barat meliputi Kabupaten Subang, Kabupaten Majalengka, Indramayu serta Kabupaten Cirebon. Hal itu guna mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) menyambut pengembangan kawasan Rebana yang saat ini mulai digaungkan.

Jurusan baru di antaranya meliputi jurusan logistik, teknik Mekanik industri, teknik elektronika industri hingga tata boga.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi mengatakan, terdapat 12 program keahlian penyelarasan kurikulum SMK berbasis industri tahun 2021.

Penyerahan Surat Keputusan Kompetensi Keahlian Baru di Kawasan Metropolitan Rebana Tahun 2020 - 2023 tersebut telah dilakukan di SMKN 1 Mundu, Jalan Kalijaga Mundu Pesisir, Cirebon, Jumat 1 Oktober 2021.

Baca Juga: Simak, 12 Alasan Gagal Seleksi Kartu Prakerja

"Peresmian penambahan 12 jurusan sekolah SMK ini, di lakukan di Kantor Cabang Dinas X Wilayah Cirebon yang mencakup SMK yang ada di Wilayah Kabupaten Subang, Kabupaten Majalengka, Indramayu serta Kabupaten Cirebon, tepatnya bagi daerah Metropolitan Rebana” ujar Dedi Minggu 3 Oktober 2021.

Dikatakan Dedi, adanya program kompetensi keahlian baru tersebut bertujuan menjadikan SDM yang mampu menghadapi tantangan di Metropolitan Rebana. Selain itu, memicu setiap SMK untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajarannya sesuai tuntutan kebutuhan dunia kerja.

"Dengan ada 12 jurusan baru ini dapat meningkatkan kerja sama yang lebih erat antara lembaga pendidikan (SMK) dengan dunia usaha dunia industri (DUDI) dan asosiasi profesi," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) Jabar, Uu Ruzhanul Ulum yang hadir secara virtual menyatakan, Cirebon-Subang-Majalengka-Indramayu termasuk daerah rebana yang akan menjadi skala prioritas dalam pembangunan.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Humas Jabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x