Selain Kurikulum Anti Korupsi, Jabar Luncurkan Kurikulum Industri dan Jabar Masagi

- 24 Maret 2022, 12:27 WIB
Meninjau industri kerajinan di SMK Mitra Industri MM2100, Kabupaten Bekasi, Rabu (23/3/2022)
Meninjau industri kerajinan di SMK Mitra Industri MM2100, Kabupaten Bekasi, Rabu (23/3/2022) /Dok. Humas Pemprov Jabar/

PRIANGANTIMURNEWS- Selain Kurikulum Pendidikan Anti korupsi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat meluncurkan dua kurikulum baru pada tahun ajaran 2022 ini. Dua kurikulum tersebut, yaitu Kurikulum Industri, dan Kurikulum Jabar Masagi.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat Dedi Supandi mengatakan, tiga kurikulum tersebut sangat penting bagi peserta didik.

Dikatakan Dedi, Kurikulum Industri yang akan diterapkan di Jabar merupakan kerjasama antara pihaknya bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat.

Baca Juga: Dari 112 SMK yang Sudah BLUD di Indonesia, 35 Ada di Jabar dan Itu Terbanyak Se Indonesia

"Yang pertama adalah peluncuran Kurikulum Industri. Jadi (kurikulum) ini yang sudah diramu bersama teman-teman dari Kadin. Ternyata kebutuhkan industri itu ada A, B dan C. Itu yang harus kita lindungi," ujar Dedi Supandi, di SMK Mitra Industri MM2100, Kabupaten Bekasi, Rabu (23/3/2022)

Dedi menuturkan, Kurikulum Industri ini memiliki 18 program, seperti teknik konstruksi dan perumahan, program desain pemodelan dan informasi bagunan, teknik kimia industri, teknik otomotif, teknik ketenaga listrikan dan teknik elektronika.

"Selain itu, juga nauika kapal penangkap ikan, nautika kapal niaga, agro teknologi pengolahan hasil pertanian, desain komunikasi visual, pengembangan perangkap lunak, teknik jaringan komputer, manajemen perkantoran dan layanan bisnis, akuntansi keuangan dan lembaga, busana, perhotelan, dan juga layanan pariwisata," ujarnya.

Mengenai Kurikulum Jabar Masagi, menurut Dedi, kurikulum ini lebih banyak kepada penguatan karakter dan budaya potensi lokal Jawa Barat. Kurikulum Jabar Masagi ini akan mulai diterapkan di tahun ajaran 2022 dan 2023.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Ungkapkan Bayangan Diri Anda dengan Memilih Apa yang Dilihat Pertama

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Humas Pemprov Jabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x