Hal Yang Perlu Guru Ketahui Dalam Model Pembelajaran Tatap Muka

- 6 Juni 2022, 22:23 WIB
Ilustrasi Guru dan Murid.
Ilustrasi Guru dan Murid. /Kemendikbud

PRIANGANTIMURNEWS- Model pembelajaran adalah cara atau teknik penyajian sistematis yang digunakan oleh guru dalam mengorganisasikan pengalaman proses pembelajaran agar tercapai tujuan dari sebuah pembelajaran.

Model pembelajaran bisa juga diartikan sebagai seluruh rangkaian penyajian materi yang meliputi segala aspek sebelum, sedang dan sesudah pembelajaran yang dilakukan guru serta segala fasilitas yang terkait yang digunakan secara langsung atau tidak langsung dalam proses belajar mengajar.

Sebagai seorang guru harus mampu memilih model pembelajaran yang tepat bagi peserta didik.

Karena itu dalam memilih model pembelajaran, guru harus memperhatikan keadaan atau kondisi siswa, bahan pelajaran serta sumber-sumber belajar yang ada agar penggunaan model pembelajaran dapat diterapkan secara efektif dan menunjang keberhasilan belajar siswa.

Baca Juga: 10 Link Download Twibbon Hari Laut Sedunia 2022, Bingkai Lucu dan Menarik Dapatkan Di Sini

Pembelajaran tatap muka merupakan pembelajaran yang sangat umum berlangsung saat ini.

Pembelajaran tatap muka harus direncanakan secara khusus berdasarkan kaidah-kaidah pengembangan bahan ajar dan standar proses dalam penerapannya.

Pada pembelajaran tatap muka, kemampuan mengajar pengajar sangat menentukan, misalnya penguasaan konsep materi pelajaran dan lingkungan tempat belajar.

Konsep materi pelajaran dan lingkungan belajar dapat dikembangkan dengan tepat sesuai dengan kondisi peserta didik melalui model-model pembelajaran yang telah banyak dikembangkan saat ini.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Strategi dan Model Pembelajaran


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x