Prabowo Subianto Salah Satu Sumbu Utama Penentu Arah Koalisi Parpol

- 19 Juli 2022, 07:21 WIB
Prabowo Subianto.
Prabowo Subianto. /Twitter @prabowo

PRIANGANTIMURNEWS- Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Prabowo Subianto menjadi salah satu sumbu utama penentu arah koalisi partai politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) pada 2024 mendatang.

Demikian dikatakan Direktur Eksekutif Skala Survei Indonesia (SSI) Abdul Hakim. Menurutnya, Partai Gerindra dan Prabowo Subianto memiliki tiga kriteria dalam membangun koalisi.

"Diantaranya yaitu elektabilitas calon presiden (capres), kemungkinan mendapatkan tiket atau boarding pass menjadi capres, serta tokoh capres yang dinilai mampu menyelesaikan persoalan yang dihadapi masyarakat," ungkap Abdul Hakim, Senin 18 Juli 2022 kemarin, dikutip dari antaranews.com.

Baca Juga: Inilah 10 Alasan Penyebab Terjadinya Kasus Pembunuhan Yang Terjadi?

Dan mengenai kriteria pertama, kata Halim, Prabowo Subianto yang memiliki elektabilitas paling tinggi di antara sejumlah nama capres, baik dari parpol maupun non-parpol dan itu menjadi magnet tersendiri.

"Mengenai boarding pass, Partai Gerindra, yang hanya butuh satu teman koalisi demi memenuhi aturan ambang batas 20 persen," jelasnya.

Satu teman koalisi parpol, lanjut dia, yaitu untuk bisa mencalonkan presiden dan wakil presiden dan pastinya bakal mempengaruhi bentuk koalisi.

Halim mengatakan Partai Gerindra apakah hanya cukup puas dengan satu teman koalisi atau lebih dari itu. Dan situasi tersebut akan sangat berdampak pada konstalasi koalisi yang akan terbentuk ke depan.

Baca Juga: Kecelakaan Maut, Truk Pertamina Hantam Belasan Kendaraan di Jalan Alternatif Cibubur

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Antara News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x