Apa itu Serangan Zero Day? Pengertian dan Penjelasan Hacker yang Merasuki Chrome, Apple iOS dan Microsoft

- 19 Oktober 2021, 08:34 WIB
Ilustrasi Hacker
Ilustrasi Hacker /Dewaweb

PRIANGANTIMURNEWS – Warga internet dunia dikabarkan dalam ancaman Zero Day Attack pada akun Google Chrome.

Pihak Google juga menyampaikan hal penying ini, bahwa ada 2 miliar pengguna sedang dalam bahaya Zero Day Attack yang dilakukan hacker kepada user Google Chrome.

Google menuliskan dalam blognya bahwa Zero Day itu bisa diatasi apabila pengguna Chrome telah update versi yang lebih tinggi.

Sebelum adanya perbaikan dari pihak Google, warganet diberitahukan terlebih dahulu untuk segera update versi terbaru dan terbesarnya dari perangkat lunak yang sedang digunakan.

Baca Juga: Cara Melindungi Perangkat Lunak dan Akun Google Anda dari Ancaman Zero Attack, Waspadai Pencurian data Pribadi

Lantas apa arti dan definisi Zero Day

Zero Day adalah istilah luas yang menggambarkan kerentanan keamanan yang baru ditemukan yang dapat digunakan peretas untuk menyerang sistem.

Istilah Zero Day mengacu pada fakta bahwa vendor atau pengembang baru saja mengetahui kekurangannya – yang berarti mereka memiliki Zero Day untuk memperbaikinya.

Serangan Zero Day terjadi ketika peretas mengeksploitasi kelemahan sebelum pengembang memiliki kesempatan untuk mengatasinya. Dikutip Priangantimurnews.com dari Kaspersky pada Selasa, 19 Oktober 2021.

Halaman:

Editor: Aldi Nur Fadilah

Sumber: Kaspersky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x